Rabu, 01 September 2021

Pengalaman Menginap di Bobobox Pods Malioboro Yogyakarta

 
'DRAMA' LAMPUNG - YOGYAKARTA
Senin, 31 Mei 2021. Jam menunjukkan pukul 17.13. Ada telepon masuk di hape saya, "halo Mbak sudah di mana?", tanya seorang bapak di ujung telepon. "Mohon maaf Pak saya masih jauh ini. Baru mau masuk pintu tol Tangerang". "Oh kalo gitu maaf ya, ditinggal. Waktu tunggunya sudah habis ini". "Iya Pak". Sakit tapi tak berdarah. Mobil bus jurusan Merak - Kampung Rambutan yang saya tumpangi berhenti alias mogok di jalan tol. Terpaksa kami para penumpang mengurus diri kami sendiri (mencari bus yang mau mengangkut kami ke tujuan -karena sopir dan kernet bus yang tidak bertanggungjawab). Bayangkan saja, sore menjelang maghrib, hujan deras mengguyur, ditambah ramainya lalu lintas jalan tol dengan bermacam jenis kendaraannya. Akhirnya ada bus jurusan Kalideres yang mau berhenti. Niatan saya malam ini menuju rumah Ade untuk menginap di sana. Drama lelet dan macetnya bus Murni Jaya dan ketinggalan bus Sinar Jaya suite class pada akhirnya merubah beberapa rencana perjalanan saya dari Lampung menuju Malang (singgah dulu ke Yogyakarta dan Magelang).
 

 Di atas kapal penyeberangan Bakauheni - Merak

Bus Murni Jaya jurusan Terminal Merak - Terminal Kampung Rambutan

Setelah semalam nginep di rumah Ade (thanks God), paginya lanjut perjalanan lagi. Penginnya nyobain naik bus rasa pesawat (Sinjay suite class), eh Alhamdulillah malah sama Allah beneran 'dinaikin' pesawat. Gara-gara ketinggalan bus Sinar Jaya Suite Class akhirnya saya beli tiket pesawat untuk ke Yogyakarta. Tiket pesawat maskapai AirAsia seharga 368K sudah di tangan, Alhamdulillah. Jadual penerbangan jam 10.55 WIB dari bandara Soetta. Alhamdulillah lancar. Sekira jam 12.00 WIB sudah mendarat dengan sehat selamat dan bahagia di bandara baru-nya Jogja, Yogyakarta International Airport (YIA) yang ada di Kulonprogo. Naik Damri menuju kota ongkosnya 70K (sekitar 1 jam perjalanan). Rada mabok akutu. Malam pertama menginap di Reddoorz Syariah near Wijilan (120K per malam) dan ga ngapa-ngapain plus ga kemana-mana. Hibernasi aja di kamar.
 

 Bandara baru; Yogyakarta International Airport

Reddoorz Syariah near Wijilan 1

Hari ke-2 di Yogyakarta. Jam 12.00 WIB saya check-out dari penginapan. Mau langsung ke penginapan kedua yang udah saya booking yaitu Bobobox Pods Malioboro tapi liat di aplikasi kalo waktu check-in mulai dari jam 14.00 WIB. Yaudin nyari jajanan dulu sebelum kesana. Mari ademin panasnya Kota Jogja dengan nyobain Rujak Es Krim (hah? rujak? es krim??). Naik ojol, saya menuju salah satu tempat jual rujak es krim dengan rating yang lumayan bagus di Google Maps yaitu Rujak Es Krim Pak Paino. Masih sepi ketika saya sampai di tempatnya. Sepertinya baru buka. Gerobak jualan sederhana (tidak permanen) dengan beberapa bangku.
 
 
Seporsi rujak es krim seharga 8K
 
First time nyobain rujak es krim. Awalnya rada ragu sama rasanya, i mean rujak dicampur es krim gitu lho. Tapi ternyata rasanya cocok dan seger banget dimakan siang-siang di panasnya Kota Yogya. Isian rujak kayak rujak pada umumnya (timun, mangga muda, pepaya, kedondong dsb.) terus di atasnya dikasih es krim homemade rasa buah naga. Kudu nyobain kalo ke Jogja ya!

Pesan ojol lagi menuju Malioboro. Duduk-duduk sambil ngelamun bentar di bangku Malioboro, setelah itu langsung check-in di Bobobox Malioboro. Disambut seorang mbak resepsionis di lobinya. Karena udah install aplikasi Bobobox, prosesnya cukup mudah dan cepat. Langsung saya menuju pod (kamar = pod) nomor 25. Oia sebelumnya dikasih kunci buat ngebuka loker untuk naruh sepatu atau sandal yang kita pakai kemudian berganti sandal khusus yang dikasih sama pihak Bobobox (sandal hotel pada umumnya sih).
 

 Lobi 

Loker buat naruh sandal atau sepatu

 Area pod

Masuk ke pod ga pake kunci tapi pake kode QR yang ada di aplikasi. Langsung scan aja, then tinggal buka pintunya. Begitu masuk kamar saya langsung feel amazed; ga nyangka selebar itu. Jujur awalnya sempet ragu, iya atau enggak nginep di semacam hotel kapsul gitu. Takut sempit, sesak, dan malah gabisa tidur (sepertinya saya mengidap semacam phobia tempat sempit gitu, apa namanya?). Inimah di luar ekspektasi banget. Alhamdulillah. Lega banget space-nya. Kamar yang saya tempati ini tipe Sky Double (untuk 2 orang). Harga sebenarnya sekitar 200K sekian, tapi karena dapat promo cuma bayar 95K.

 Pod tipe Sky Double (kasur di atas)

Di dalam kamar ada handuk untuk 2 orang, air mineral sama sikat gigi + pasta gigi. Ada jendela kecil untuk lihat kondisi di luar (ya ga ada pemandangan apa-apa juga sih). Selain itu ada layar sentuh kecil untuk ganti pencahayaan di dalam pod sama muter musik atau nyambungin bluetooth ke hape. Di masa pandemi gini Bobobox ngedukung program WFH dalam bentuk Work from Bobobox. Wifi-nya kenceng dan bisa diakses di semua area Bobobox terutama di dalam pod. Nyaman banget sih work from Bobobox.
 
 Lampu kamar yang warnanya bisa diganti-ganti

 Work from Bobobox

Di Bobobox diberlakukan quiet hour mulai dari jam 9 malam sampai jam 7 pagi. Jadi pengunjung gaboleh berisik dan ganggu ketenangan tamu lain. Memang sih ga terlalu kedap suara di dalam pod-nya. Saya masih bisa dengar suara samar-samar dari tamu di pod sebelah. Oia dilarang makan juga di dalam pod. Jadi kalo mau berisik dan makan, Bobobox menyediakan area komunal. Kalo di Bobobox Malioboro ruang komunalnya terletak di lantai paling atas. Ada banyak kursi dan meja juga colokan. Di lantai paling atas ini juga terdapat dapur yang menyediakan heater dan microvawe serta mushola untuk shalat (karena mayan sempit banget kalo shalat di dalam pod).
 
Ruang komunal
 
Mural instagrammable di ruang komunal
 
Dapur dan mushola
 
View dari balkon langsung ke Jalan Malioboro
 
Belum lama baca berita tentang pelecehan seksual (man vs man) di kamar mandi di salah satu cabang Bobobox. Agak penasaran juga sih kok bisa? Setelah liat sendiri kamar mandi di Bobobox Malioboro, emang wajar sih. Kamar mandinya tipe kamar mandi bersama dan kalo menurut saya kurang 'safe'. Tapi no big deal sih, saya ga terlalu masalah. Ada air panas dan hair-dryer di kamar mandi. Banyak-banyak doa aja sebelum mandi semoga ga ada yang usil.

Overall, pengalaman menginap di salah satu cabang Bobobox yaitu di Malioboro sangat menyenangkan dan memuaskan. Bener-bener bisa me time deh. Lokasinya juga strategis banget. Kalo misal ga bawa baju ganti tinggal ngesot aja turun ke bawah belanja di Malioboro. Dekat mo ke mana-mana juga. Mau lagi deeeh next time!

JALAN-JALAN SEKITARAN MALIOBORO
Bonus menginap di Bobobox Malioboro adalah bisa jalan kaki ngelilingin area sekitar kayak Titik Nol Kilometer Jogja, Taman Pintar, Selasar Malioboro di dekat Stasiun Tugu, Pasar Beringharjo dan kalo mau jalan jauhan dikit bisa ke Keraton. Cekidot foto-foto di bawah ini kalo kamu kangen sama suasana Jogja 😍





1 komentar:

  1. menarik..., jadi pengen. thanx dah share pengalamannya

    BalasHapus