Kamis, 09 Mei 2019

Gagal Pulang ke Malang Gara-gara Salah Beli Tiket Bus (Cerita Perjalanan Nusa Penida Hari ke-4)


Susah buat ga bangun siang kalo lagi traveling. Apalagi kegiatan eksplorasi 2 hari kemarin yang bikin sendi-sendi kesakitan (tapi ada sendi yang lebih menyakitkan, sendi-rian! hyaaa). Hari ketiga di Nusa Penida dan jadwal kami hari ini adalah pulaaang! Rencana mau naik fast boat yang jam 9 pagi. Nyantai aja gausah pagi-pagi banget. Saya sudah bilang ke Bu Siti akan pulang hari ini dan naik fast boat yang jam 9. Kemudian beliau memesankan tiket untuk kami berdua. Nanti sampai di loket tiketnya, langsung aja bilang atas nama Bu Siti gitu.

Kami membayar sejumlah uang, 300K untuk penginapan dua malam, dan 150K untuk sewa motor selama 2 hari. Biaya kerusakan motor yang kemarin kejadian pas menuju Broken Beach tidak ditagih, Alhamdulillah. Bu Siti terbaek dahhh. Kalo butuh penginapan murah dan nyaman, langsung aja hubungin Bu Siti yaaak. Ini nomornya 0878-6109-8228. Ga cuma penginapan, tapi bisa sewa mobil, motor, paket trip dan sebagainya.

Fokus ke lingkaran merah
Pelabuhan kecil Toyapakeh
Banyak permainan dan olahraga air di sekitar Pelabuhan Toyapakeh

Dari Losmen Tenang kami menuju dermaga Maruti Express. Jalan kaki cuma 5 menit saja. Jalan santai menyusuri pinggiran pantai sambil menikmati biru dan jernihnya air laut di Toyapakeh. Sampai di dermaga Maruti Express sudah ramai penumpang yang akan menyeberang. Kami langsung menuju loket dan membayar sejumlah 150K untuk dua orang. Ombaknya lagi gede banget pagi itu. Beberapa kapal yang mau berlabuh mengalami kesulitan untuk melempar jangkar dan menambatkan kapal.

Fast boat yang membawa penumpang turun dari Pelabuhan Sanur

Menunggu sekitar setengah jam lebih di ruang tunggu Maruti Express, kemudian kami dipersilahkan naik ke fast boat. Perjalanannya tidak semulus yang kamu bayangin. Kali ini kami berdua lebih prepare, sebelum berangkat tadi minum obat anti mabok dulu. Perjalanan fast boat pulang lebih dahsyat dari pas pergi. Rasanya kayak naik wahana yang serem-serem di taman bermain. Atau, sensasi naik mobil turunan terus ngebut (kebayang?). Tika pegangan kenceng banget di kursi pfff! Entah perasaan saya doang atau memang perjalanan pulang lebih cepat. Ga sampe 45 menit kayaknya, kami udah sampe di Sanur. Turun di Sanur langsung di pantainya, ga ada dermaga. Basah deh kaos kaki dan bagian bawah pakaian kami -_-

Masih oleng, kami berjalan menyusuri beachwalk-nya Sanur untuk mencari Warung Mak Beng. Ternyata deket banget dari pelabuhannya. Jalan kaki ga sampe 10 menit. Pagi menjelang siang, Warung Mak Beng sudah dipadati pengunjung. Kami menunggu dulu baru dapat kursi. Jadi cara pesan di sini, kita nyari kursi kosong dulu baru nanti ada pelayan yang datang menanyakan pesanan kita. Sengaja tadi ga sarapan biar lebih menikmati masakan legendaris Mak Beng yang udah kesohor ini. Modus irit, kami pesan satu porsi menu standar (nasi, semangkuk sop kepala ikan dan ikan goreng) seharga 55K dan es teh 8K. Dimakan berdua cukup banget kok (dengan syarat satunya lagi kayak Tika, nrimo wkwk).






Gimana rasanya?
Sop kepala ikannya kuat banget rasanya. Seger karena ada irisan timun yang dimasak. Ikan goreng dan sambelnya maknyusss. Kering di luar, lembut di dalam. Dan ukuran ikan gorengnya itu besar lho. Jadi cukup, kalo untuk berdua. Untuk sopnya, jujur kalo orang Sumatera sih ga terlalu wah kalo ngerasain ini (karena saya tahu banget masakan sop ikan di sana lebih mantap rasanya wkwk). Tapi tetep recommended untuk dicobain kok.

Walau tempatnya kecil, ga kayak restoran mahal, Warung Mak Beng ini ga pernah sepi pengunjung. Di foto-foto yang dipajang bisa kita liat ada banyak artis tanah air yang udah mampir makan di warung ini. Padahal yang dijual cuma 3 porsi makanan itu aja. Kok bisa ya? Dan kenapa ga nambah menu yang lain? Entahlah, suka-suka Mak Beng. Untuk kamu pecinta masakan olahan ikan, ga ada salahnya mampir sini kalo lagi ke Bali.


Masih ada waktu beberapa jam sampai nanti jam setengah 3 kami harus pergi ke garasi Midas di Denpasar Barat. Dari Warung Mak Beng, kami pesan Grab ke Krisna Oleh-oleh. Fyi, ada beberapa toko oleh-oleh Krisna yang ada di Denpasar. Saya pilih yang ada di Jalan Tuban, yang dekat dengan Bandara Ngurah Rai. Pas di perjalanan, kata bapak supir Grab-nya gini : "Daripada jauh-jauh ke Sukawati (pasar), belum lagi nawar-nawarnya, lebih baik langsung ke Krisna". Tuh gaes. Berarti ga salah nih keputusan kami nyari oleh-oleh di Krisna. Cmiiw.

Ada berbagai jenis oleh-oleh yang dijual di Krisna, mulai dari pakaian, makanan, benda-benda seni, gantungan kunci dan lain sebagainya. Tempatnya lebaaar. Banyak pilihan dan harganya terjangkau. Tika langsung menuju spot yang sudah diincarnya sejak sebelum kami berangkat (baca: tempat baju-baju daster). Demi melihat Tika yang asik milih, saya lebih baik pergi dan ga nungguin deh. Sempet baca novel satu bab kalo nungguin Tika milih-milih barang mah. Ampun.








Setelah menghambur-hamburkan uang di Krisna, kami rehat sebentar sambil beli Chatime yang ada di depan Krisna. Sambil santai, saya iseng ngecek tiket bus Midas yang udah dibeli online lewat Easybook. Wait! Departure time artinya tanggal keberangkatan khan ya? Kok di situ tertulisnya tanggal 21 (besok). Wadueh, berarti kalo menurut jadwal di tiket, kami pulangnya besok. Padahal saya dan Tika sengaja pulang di hari sabtu, biar minggu udah sampe Malang dan ada jeda istirahat sebelum senin kembali kerja. Gimana ini?

Dengan prasangka baik bahwa jadwal berangkat kami bisa dimajukan, kami melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya yaitu Candylicious di Beachwalk Pantai Kuta. Pertama kali tahu tempat ini belum lama ini, dari blognya Bu Annie Nugraha, salah satu blogger panutanque. Jadi, tempat ini adalah surganya pecinta coklat dan permen. Tempatnya instagrammable banget deh. Nyenengin! Tiap sudutnya keren difoto dan enak diliat. Kami berdua hanya melihat-lihat saja. Mau beli permen Yupie yang harganya 6K ga jadi, malu! Wkwkw. Lagian, cuma beli itu doang. Mending gausah sekalian.


Segera saja kami pesan Grab demi mengejar waktu menuju garasi bus Midas di daerah Pidada 1 Denpasar Barat. Jaraknya lumayan jauh, ditambah kemacetan di sekitar Kota Denpasar. Supir Grabnya pengertian, mengusahakan untuk mengantar kami tepat waktu, biar ga ketinggalan bus. Alhamdulillah pas sampe di garasi Midas, busnya belum berangkat. 

Masih berprasangka baik kalo jadwal keberangkatan kami bisa dimajukan. Setelah lapor sama petugas (ternyata sopir dan kernetnya yang membawa kami berangkat dari Malang rabu lalu), ga bisa dimajuin bos. Aaaak! Berubah langsung mimik wajah seseorang yang ada di samping saya (baca: Tika Sari). Biasanya sih bisa, tapi karena hari itu penumpang full, kami harus ikut bus sesuai jadwal yaitu besok. Saya minta maaf ke Tika karena kekurangcermatan saya sehingga kami masih harus semalam lagi berada di Bali. Bapak yang punya warung di garasi Midas menawari kami untuk tinggal di kantor Midas. Heheh kurang safety deh kami mikirnya. Besok subuh bakal datang Bus Midas yang dari Malang dan ada sopir plus kernetnya yang mau istirahat. Jangan deh.

Saya coba cari penginapan murah terdekat lewat Maps sama Pegi-pegi. Dapet, tapi bingung juga karena ribet harus transfer atau bayar di Indomaret sementara garasi Midas itu tempatnya kurang strategis. Jauh dari mana-mana. Akhirnya nekat aja pergi langsung ke hotel tanpa booking. Sampai di tempatnya, ternyata gabisaaa harus booking dulu (via aplikasi RedDoorz). Alhamdulillah petugasnya mempermudah dengan memesankan via aplikasi, tapi tetep saya harus nyari Indomaret untuk bayar. Baiqlah, demi wajah yang kusut di samping saya (baca: Tika) kita segera akhiri perjuangan mencari tempat bernaung malam ini.

RedDoorz emang terbaeq. Per malam dengan fasilitas satu bed besar, AC, kamar mandi dalam, televisi dan alat mandi plus handuk kami cuma bayar Rp 97.500. Udah nyaman bangetlah buat nginep semalam itu. Walau punya waktu semalam lagi di Denpasar, saya ga berani ngajak Tika kemana-mana. Udah deh, hibernasi aja di kamar. Belum hilang rasa bersalah saya karena salah nentuin tanggal pulang. Besoknya, kami leha-leha aja sampai jam 12 siang, sampai waktunya check out kamar. Setelah itu masih ada waktu sampai jam 3 sore sebelum bus berangkat.

Demi keamanan, kenyamanan, kehalalalan, ketenangan hati, kami makan di Richeese Factory terdekat. Tempatnya enak, lebaar, adem, ga terlalu ramai dan yang paling penting free wifi! Dari mulai makan, ngobrol, main hape, ngantuk, repeat. Betah banget. Baru sekitar jam 2 lewat kami cari Grab untuk menuju garasi Midas. Ga sampe setengah jam jaraknya.

Dua orang yang sama di tempat yang sama, tapi dengan dua situasi dan kondisi yang berbeda. Kemarin diam-diaman, sedikit ngotot ngomongin solusi untuk pulang ke Malang. Hari ini duduk lagi di tempat yang sama (kursi di depan musola garasi Midas) dengan suasana yang lebih cair dan hangat. MasyaAllah. Indah persahabatan. "Semarah-marahku padamu, lebihlah besar rasa sayangku dibanding amarahku, sahabat".
***

Percakapan antar sahabat baik, BE LIKE...
Saya : Saya mau mandi lah, gerah banget

Tika : Mandi dimana? Di situ? (mengarah ke kamar mandi umum yang ada di garasi Midas)

Saya : Iyalah

Tika : Ih, kok sembarangan sih.

Saya : Ga sembarangan lah, orang di dalam ruangan kok. Bukan di situ, bukan pula di situ (saya menunjuk keran tempat wudhu dan tempat cuci piring).

Tika : Tetep ajalah. Nanti pas mbak mandi tau-tau sopirnya mau mandi juga gimana? Terus kernetnya juga?

Saya : (masih ngeyel) biar ajalah orang tempatnya ada 2 kok. Khan masing-masing.

Beberapa saat kemudian,
Tika : Katanya mau mandi...?

Saya : Katanya ga boleh mandi sembarangan -_-

Dan sayapun akhirnya ga jadi mandi 'sembarangan' versi Tika.
***

0 komentar:

Posting Komentar