Selasa, 06 Februari 2018

Jernihnya Air di Sumber Taman, Malang Bikin Gak Mau Pulang



Kabupaten Malang terus berbenah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Dengan modal pantai-pantai keren di Malang Selatan, juga air terjun (coban) yang tersebar di berbagai tempat serta kekayaan alamnya berupa hasil pertanian, perkebunan, sumber mata air alami dan sebagainya, hal itu tentu tidaklah sulit. Tahun 2017 kemarin, slogan 'Heart of Java' diluncurkan sebagai branding pariwisata Kabupaten Malang. Dilansir dari cnn.com, Bupati Rendra Kresna memilih brand ini karena Kabupaten Malang adalah jantungnya Jawa Timur. Semua ada di Kabupaten Malang mulai dari pertanian, perdagangan, pegunungan, adat istiadat, suku dan etnis budayanya. Paket lengkap deh pokonya; Kabupaten Malang dengan wisata alamnya dan Kota Malang dengan wisata kekinian.

Akhir pekan adalah waktu yang sangat pas untuk dihabiskan bersama orang-orang terkasih. Berbagai aktifitas dapat kita pilih untuk sekedar having fun and quality time. Kali ini saya bersama adik-adik tersayang memilih untuk quality time bersama air di salah satu wisata pemandian di Kabupaten Malang yaitu Sumber Taman. 

Lokasi dan Akses Masuk ke Sumber Taman
Wisata pemandian alam Sumber Taman terletak di Karangsuko, Pagelaran, Kabupaten Malang. Dari arah Malang Kota, arahkan kendaraan kamu ke daerah Kepanjen. Terus menuju GOR Kanjuruhan (markasnya Arema Cronus). Setelah gang masuk Sumber Maron, kira-kira 500 meter kemudian, ada Indomaret di sebelah kanan jalan. Nah, gang masuk Sumber Taman ini persis di sebelah Indomaret tersebut. Jaraknya dengan kendaraan pribadi kurang lebih satu jam perjalanan. But it's okay, jalanan yang ditempuh sampai dengan parkiran, halus mulus lancar jaya tanpa hambatan. Mobil bisa masuk sampai area parkir di sekitar pemandian. Biar lebih mudah, langsung aja buka Maps dan ketik "Sumber Taman".


Harga Tiket Masuk
Kabar gembira untuk anak kost! Masuk ke pemandian ini, selain hari minggu, ga dipungut biaya alias gratis. Kita cukup membayar uang parkir 2K per motor. Sebenarnya saat kami datang kemarin (hari Sabtu) kalau mau parkir sembarangan di sebelah mana gitu, bisa ga bayar. Tapi tak apalah, memberikan sedikit 'timbal balik' agar perekonomian warga sekitar terangkat. Cuma 2ribu doang, men.

Ngapain aja di Sumber Taman?
Banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di Sumber Taman. Pertama, mandi berenang sepuasnya di kolam renang anti kaporit. It's really pure water!. Crsytal Clear Water. Tapi hati-hati ya. Dengan kedalaman berkisar antara 1-1,5 meter kamu tentunya gabisa sembarangan nyemplung apalagi kalo cuma bisa gaya 'batu' doang #kayakSaya. Melipir di pinggirannya aja lah. Gak ada petugas yang ngawasin. Setiap orang bertanggungjawab atas keselamatannya masing-masing #nahLoh.

Kalau mau nyantai kayak di pantai sambil sewa ban, bisa. Kalau air di kosan mati terus kamu gapunya uang buat nge-laundry, bawa aja baju kotor kamu kesini. Ada tempat nyuci enak banget di bagian bawah kolam pemandian. Bisa nyuci sambil ngobrol sama ibu-ibu setempat (sapa tau punya anak gadis atau bujang yang masih melajang wkwk). Selain nyuci baju, terlihat juga beberapa orang yang mencuci motornya di aliran air Sumber Taman ini. Mau nyobain swafoto bawah air, juga bisa. Jangan lupa bawa underwater case dari rumah soalnya disini gada yang jualan (ga kayak di Sumber Maron, seabreg!).


Fasilitas yang Tersedia
Wisata pemandian Sumber Taman ini saya kira awalnya hanya pemandian biasa dengan pengunjung 'rutin' warga desa sekitar. Mereka memanfaatkan kolam ini untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan sebagainya. Seiring terunggahnya foto-foto dengan hastag #SumberTaman di media sosial, mulailah pengunjung berdatangan. Meski tidak seramai Sumber Maron, tempat ini worthed lho untuk dikunjungi. Sebagaimana layaknya tempat wisata, Sumber Taman juga dilengkapi beberapa fasilitas diantaranya warung-warung makanan plus jajanan, toilet tempat ganti serta mushola kecil di dekat kolam. Wudhunya langsung di aliran air di samping mushola. Asik deh. Oiya untuk kamu yang gabisa berenang, bisa sewa ban harga 2-5K tergantung ukuran, sepuasnya sampe anyep.



Fakta-fakta Menakjubkan tentang Air!
Segala ciptaan Allah di muka bumi ini pasti memiliki hikmah. Pernah gak sih berucap gini, "Ya Allah aku bersyukur atas nikmat air yang Engkau karuniakan pada hari ini". Coba deh dibayangin kalo misal nih ya, mulai dari melek mata, kucek-kucek, terus keran air mati gada air. Mau wudhu, okelah bisa tayamum. Mau mandi berangkat ke kampus, ga cuci muka? Ga sikat gigi? Uh... Kebayang jadi manusia paling gembel sedunia wkwk! Sungguh berharganya dirimu, air.

Apa aja fakta-fakta keren tentang air? Let's cekidooot!
-  70% Bumi terdiri dari air
- Hanya kurang dari 1% air di permukaan Bumi yang bisa kita konsumsi saat ini, 69% sisanya adalah air asin yang ada di lautan
- Tanpa makanan, seseorang bisa hidup sampai lebih dari sebulan. Tapi tanpa minum (air), ga lebih dari sepekan
- 70% tubuh manusia terdiri dari air (cairan)
- Sebuah keran bocor yang menetes tiap detik bisa membuang lebih dari 3.000 galon per tahun
- Air tidak hanya berada di permukaan, namun bisa kita temukan pula di dalam tanah dan udara
- Jika semua air di Bumi diibaratkan segalon air, maka air tawar yang bisa kita gunakan hanya sesendok makan saja
- Setiap hari matahari menguapkan satu triliun ton air
- Sebuah tetesan kecil dari air keran yang bocor bisa membuang sekitar 75 liter air sehari
- Dan masih buanyak lagi (!) Masya Allah...

Baca juga tulisan keren tentang air

Kisah si Air Bersih di Belahan Bumi yang Lain
Mari tengok sepenggal episode si air di belahan dunia lainnya di Benua Hitam sana... (Bayangkan!) di Tanah Afrika sono yang konon akses telpon seluler lebih mudah dibanding dengan akses ke air bersih. Dilansir dari kompas.com, Cape Town, ibukota Afrika Selatan terancam menjadi kota besar pertama di dunia yang akan kehabisan air bersih (prediksi manusia). Curah hujan yang rendah tiga tahun terakhir, kekeringan yang terus melanda, sementara konsumsi air warga terus bertambah, menjadikan krisis air berkepanjangan di kota tersebut.  Penghematan air pun dilakukan secara drastis, mulai dari ga boleh nyuci mobil, nyiram tanaman, sampai di kamar mandi aja dibatasi hanya dua menit. We o we! Menyiram toilet hanya dibolehkan jika benar-benar mendesak #gaKebayang. Betapa kita di Malang ini patut bersyukur Allah berikan begitu mudahnya bertemu dengan sumber air yang jernih, bersih dan melimpah ruah, ya. Alhamdulillahiladzi bini' matihi tathimushalihaaat.


 "Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di Bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya"
[Q.S. Al-Mukminun 18]

1 komentar: