Kamis, 13 Oktober 2016

Strangest Question at Library Desk

Credit pic: Pinterest
Beberapa hari yang lalu saat sedang scrolling fesbuk, saya menemukan satu postingan menarik dari sebuah halaman yang saya sukai, Librarian Problems. Isi postingannya: "what's the strangest question you've been asked at the desk?". Yang paling menarik dan bikin saya mesem-mesem sendiri adalah jawaban-jawaban unik, lucu, tak terduga. Ada kurang lebih 200 jawaban... Here they are!!!

An elderly man on the phone, "what does POONTANG mean?"

Do mermaids swim in fresh water or salt water and what kind of food do they eat?

"Can you tell me where i am?" - phone call from someone who genuinely didn't know where they were.

Did we have any materials o exorcism or how to cleanse a home of ghosts. The same patron also wanted me to look "in the book" and tell her who died in her house in the past.

Are these berries poisonous? My son ate part of one on the way into the library just now.

"I don't have a fine, but if i give you $20, will you come home with me?"

"What continent is Africa on?"

"What hair product do you use?"

Phone call. (i work in a theological library)
Woman: "does the bible say Obama is the Antichrist"
Me: No, Ma'am. It certainly doesn't.
Woman: how can you be sure?
Me: let me double check. (pauses for a moment). No. We should be good.
Woman: Oh, thanks heaven. (hangs up).

I had a patron who come to my desk and tell me that she needed me to go out in the parking lot and change her flat tire. I told her i couldn't do that and she said, " well don't you have a book that will teach you how?"

...[dan masih banyak lagi pertanyaan 'aneh' lainnya. Cek sendiri ke tekape yak!]

Untuk saya pribadi, selama kurang lebih 2 tahun berada di meja layanan pengembalian, belum pernah mendapatkan pertanyaan yang masuk dalam kategori 'aneh'. Biasa saja. Etapi jadi inget, belum lama ini ada seorang mahasiswa yang mengembalikan buku. Sesaat sebelum pergi ia melontarkan pertanyaan pada Ratih (my partner), "Mbak kembar ya sama Mbak yang sebelahnya?" 
Eh. Muka datar.

(untung belum pernah ada yang tanya, "Mbak, kira-kira kapan ya saya ketemu jodoh saya?". Sungguh dik, yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya... ehehe).

Dunia perpustakaan di Barat sono, bisa begitu menarik dan sangat menyenangkan, iya gak?! Masyarakat 'mempercayai' para pustakawannya pada banyak hal; bahkan pada hal-hal yang sifatnya privat. Pergi ke perpustakaan sama menyenangkannya (atau bahkan lebih menyenangkan) dengan pergi ke taman hiburan atau tempat wisata. Bertemu dengan pustakawan dan bertanya tentang suatu hal juga menjadi keasyikan tersendiri.

Jadi ingat perkataannya Bu Clara pas magang di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia dulu, "di Barat sana profesi librarian itu gengsinya sekelas profesor". Percaya deeeh... Jadi bahan rujukan pertanyaan gitu, dari yang ga penting banget nget, sampai pertanyaan riset.

Semoga suatu hari bisa ke Barat sana (atau menjadi disana) Ya Allah... Amieeen-kan bareng-bareng!

0 komentar:

Posting Komentar