Tuesday, March 21, 2017

Download Cepat dan Mudah Artikel Jurnal Berbayar dengan SCI-HUB

Credit pic: meiobit.com
Pernah ngalamin ini? Mau ngerjain tugas pake artikel jurnal. Klik sana sini ga nemu. Giliran nemu, udah pas banget tuh artikelnya, eeh ternyata jurnalnya berbayar... Mentok dah! Mungkin kalo ini terjadi beberapa tahun ke belakang, kamu boleh pusing dan merenung gimana caranya download itu jurnal. Sekarang, no more pusing!

Semenjak Mbak Alexandra Elbakyan menciptakan satu situs yang kemudian kita kenal dengan Sci-Hub, para akademisi di seluruh dunia tidak perlu khawatir untuk mengakses jurnal yang mereka butuhkan. Walau banyak kontroversi yang mewarnai perjalanan situs web "pirates" ini, toh banyak pihak yang mendukung keberadaannya (termasuk Saya!)

Gimana cara memanfaatkan Sci-Hub untuk mendownload artikel jurnal? Okay let's check it out!

Step 1 Tentukan di vendor penyedia jurnal berbayar mana kamu akan mendownload artikel jurnal. Satu yang harus digarisbawahi disini: vendor berbayar. Kalo jurnalnya open access, ya ga perlu pake Sci-hub ini, vroh. Di bawah ini saya coba di Taylor and Francis Online. Langsung saja ketik artikel jurnal dengan subjek apa yang mau kamu cari. Misal: "Islamic Literature".

Step 2 Pilih artikel jurnal yang kamu butuhkan lalu klik.

Step 3 Cari DOI artikel jurnal. DOI apaan sih? Dikutip dari laman uad.ac.id, DOI atau Digital Object Identifier adalah alamat unik yang bersifat permanen. Kalo di buku tuh, ISBN gitu. Salah satu cara menandai sebuah jurnal yang dikelola secara serius dan profesional adalah ketika jurnal tersebut meregistrasikan setiap artikel yang diterbitnya agar memiliki DOI, sebagai kode identitas yang unik. Dengan memiliki DOI, setiap artikel akan terhubung ke seluruh dunia sehingga ada link of citation.


Step 4 Copy paste-kan DOI di web SCI-HUB

Voila! Artikel jurnal yang kamu copas ke web Sci-hub tadi insya Allah akan langsung terdownload secara otomatis dan bersiaplah! Artikel fulltext siap menyambut semangat akademismu!!

Fyi, negara Indonesia kita tercinta ini, sampai Februari 2016 kemarin, menjadi negara ke-9 pengguna Sci-hub terbesar di seluruh dunia. So, come on try! Dan buktikan sendiri kemudahannya ^_^

Credit pic: http://www.vox.com/2016/2/17/11024334/sci-hub-free-academic-papers

3 comments:

  1. mungkin nanti dikasih banyak alternatif link yang lain mbak.. biar bisa bandingin harganya..hehehe.. maklum kalo saya suka peritungan

    ReplyDelete
  2. Ini info lumayan, mbk update juga dong daftar list vendor2.nya :)

    ReplyDelete