Sunday, April 3, 2016

Travelling Yuk! Ke Malang

Malang, kota sejuk yang berada di salah satu sudut Jawa Timur ini menyimpan begitu banyak pesona wisata. Dari mulai wisata alam, wisata keluarga, wisata kuliner, ada di Malang. Semua lengkap! menjadikan kota ini sebagai salah satu kota favorit untuk dikunjungi selain Bandung maupun Jogja. Mana saja tempat asik di Malang yang recommended untuk dikunjungi? Jom, just follow me to discover this City...

Berikut ini beberapa destinasi wisata yang harus kamu kunjungi kalo suatu hari Allah kasih kesempatan kamu mengunjungi kota lovely ini:

Stasiun Malang, menjadi gerbang pertama yang akan menyambutmu kalo kamu ke Malang dengan menggunakan kereta.  Dan menurut hemat penulis, lebih baik kamu ke Malang naik kereta (murah men, JKT - MLG cuma 111K). Stasiun ini juga menjadi stasiun tujuan favorit dari beberapa stasiun kota-kota besar di Pulau Jawa. Mudah diakses. Tiap harinya Stasiun Malang selalu rame sama backpacker-backpacker dari penjuru Indonesia yang mau mendaki Semeru maupun sekedar wisata ke Bromo juga beberapa tempat wisata di Malang maupun Jawa Timur. Di depan stasiun ini terdapat Taman Trunojoyo yang bisa kamu datangi sekedar untuk bersantai. Tidak jauh dari stasiun ini terdapat juga kawasan wisata kuliner khas Malang dan sekitarnya yang menjual berbagai makanan dan minuman khas Jawa Timur. Oiya, stasiun ini sempat nongol di layar lebar lho (Film 5 CM).
---

Balai Kota Malang terletak tidak jauh dari Stasiun Malang. Jalan dikit doang udah langsung sampe deh ke tempat ini. Disini kamu bisa bersantai menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, atau foto-foto narsis dengan ikon khas Malang yaitu Tugu Malang. Bunga Teratai yang tumbuh subur di kolam depan Balai Kota juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Baik itu pagi, siang, sore maupun malam hari, tempat ini recommended untuk kamu datangi.
---

Gunung Panderman yang keliatan jelas dari Kota Malang ini cocok untuk pendaki pemula. Kamu bisa kesini tanpa bawa tas carrier yang beurattt atau tenda untuk menginap karena gunung ini bisa didaki naik-turun (insyaAllah) dalam satu hari. Cuma bayar tanda masuk Rp 7K per orang. Lama pendakian (santai) sekitar 3 jam dan ketika sampai di puncaknya kamu bisa lihat Kota Malang, Kota Batu yang emejing, juga Gunung Arjuno dan Gunung Semeru di kejauhan. Jangan lupa bawa sampahmu turun dan jaga etika selama disana kalo kamu ada rencana untuk mendaki gunung ini. See ya on top!
---

Kalo pas kebetulan kamu ke Kota Batu, jangan lupa mampir ke alun-alunnya. Ada bianglala besar murah meriah yang bisa kamu naikin untuk liat indahnya Kota Batu dari ketinggian. Ada juga Pos Ketan Legenda yang fenomenal antriannya (rameeee! ampun). Baik malam maupun siang hari, alun-alun ini asik buat dikunjungi. Selalu rame apalagi hari libur atau akhir pekan.
---

Tempat satu ini recommended pake banget buat kamu yang mau ilangin penat, butuh sepi menyendiri, butuh tempat yang bikin rileks, tapi lagi bokek. Yup, Bendungan Selorejo yang terletak di Ngantang, Malang ini pilihan tepat untuk kamu. Dari sini kamu bisa memandang Gunung Anjasmoro, Gunung Kawi dan Gunung Kelud dari dekat. So relaxing, guys. Dari Kota Malang memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan melewati jalan lintas Kediri-Malang yang kasih bonus kamu pemandangan hijau nan menarik di kanan kirinya. Ssst! masuk sini gratis lho.
---

Ada banyak air terjun (bahasa sininya: coban) yang ada di Malang. Salah satunya, Coban Sumber Pitu yang ada di daerah Pujon, Malang. Melewati trek yang lumayan bikin termehek-mehek (kurang lebih 2,5 perjalanan naik turun gunung lewati lembah), Coban Sumber Pitu memang pantas untuk didatangi. Tersembunyi jauh di dalam hutan, coban ini masih sangat alami. Tujuh sumber air yang turun dengan derasnya kebawah dengan tumbuhan hijau yang menghiasi mampu menyihir siapapun yang datang kemari. Karena mungkin treknya yang masih agak sulit untuk dilalui, tempat ini belum terlalu ramai dikunjungi. Selain Sumber Pitu, dalam satu lokasi itu juga terdapat Coban Tunggal dan Coban Sumber Papat yang tidak kalah indahnya.
---

Ga lengkap rasanya kalo pergi ke Kota Apel, terus ga petik apel langsung dari kebunnya. Di daerah Batu, tepatnya Daerah Bumiaji kamu bisa petik apel langsung di kebunnya, dan itu sepuasnya!. Jenis apel yang ditanam di Kota Batu ini antara lain apel Anna, Rome Beauty, Manalagi dan Greensmith. Asem-asem seger, guys. Cukup merogoh kocek sekitar Rp 20K-25K kamu bisa ngacak-ngacak kebun petani (jangan brutal tapi yak! Kasian petaninya). Kalo mau bawa pulang apel yang kamu petik sendiri, per kilonya dihargai sekitar 10-15K (tergantung keistiqomahan nawar sama petaninya). Oiya apel yang baru dipetik ini bisa awet sampe sebulanan lho. Jangan khawatir busuk kalo mau dijadiin oleh-oleh ke tempat yang jauh.
---

Malang (tepatnya di daerah Malang Selatan) punya begitu banyak pantai cantik, salah satunya adalah Pantai Ngantep. Menempuh jarak sekitar 2,5-3 jam perjalanan dari Kota Malang, kamu akan disuguhi pemandangan khas laut pantai selatan dengan ombaknya yang besarrr menabrak bukit karang. Exotic! Tapi pastikan kendaraan kamu dalam kondisi fit karena kalo lagi apes (abis ujan jalanan becek) akses jalan menuju pantai ini dan beberapa pantai di Malang Selatan akan sulit dilalui kendaraan cantik macam matic.
---

Paralayang di Gunung Banyak ini menjadi semacam tempat wajib yang harus kamu kunjungi kalo lagi ke Batu. Mudah dijangkau, murah meriah, dan pemandangan kece jadi ciri khas tempat ini. Tiket masuk ke sini cuma 5K per orang. Kalo kamu cukup berani dan berkocek tebal, bolehlah nyobain naik paralayangnya (untuk sekali terbang, sekitar 300-400K). Tapi kalo kamu takutan, ditambah kantong pas-pasan, yaudah deh cukup duduk-duduk manis sambil liatin Kota Batu dari atas. Liat sunrise dan sunset ditempat ini, bisa banget. Kalo malam, kamu bisa liat Kota Batu yang udah macam 'city of light'. Bagus banget!
---

Kamu Buah Naga lover? kalo gitu kita sama! (apaseh ga penting). Di daerah Bululawang (sekitar 45 menit dari Kota Malang), kamu bisa berwisata petik Buah Naga. Cuma bayar uang masuk 5K, kamu bisa petik sepuasnya (tapi inget lho ya, per kilonya sekitar 8K-14K). Buah Naga ini dipetik untuk dikilo-in aja (gabisa langsung makan ditempatnya). Oiya yang paling khas dari wisata petik Buah Naga disini, kamu bisa temuin Buah Naga Super Red yang ga akan kamu temui ditempat lain. Warna buahnya, vroh! Merah merekah.
---

Desa Sumber Brantas terletak di Kota Batu. Desa yang kamu lewatin kalo mau ke pemandian air panas Cangar atau ke Surabaya via Pacet, Mojokerto. Ijooo banget!  Sepanjang jalan kamu bakal nemuin tanam-tanaman wortel, kentang, kol, kubis dan sebangsanya. Betah rasanya lama-lama lewat sini. Pemandangannya bikin mata cemerlang deh!
---

Gang masuk menuju Coban Rondo berada di jalur lintas Malang - Kediri. Coban yang memiliki ketinggian sekitar 84 meter ini menyimpan legenda tentang Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Tempat ini sudah dikelola dengan baik. Fasilitas yang tersedia juga sudah cukup lengkap. Oia ada labirin yang instagramable juga lho disini. Airnya dingggiiin 'n sejuk! Namun siap siagalah sama monyet-monyet agresif yang bakal gangguin kamu yang bawa kresek (makanan).
---

Walaupun terkenal dengan Kota Apel, kamu bisa nyobain petik jeruk juga lho di Malang. Cuma butuh waktu perjalanan sekitar 20 menit dari Kota Malang, kamu udah sampe ke Desa Selorejo Kec. Dau yang merupakan sentra perkebunan jeruk di Malang. Jenis jeruk yang dibudidayakan adalah jeruk keprok dan jeruk baby. Cukup bayar 10K per orang, kamu bisa nikmatin makan jeruk hasil metik langsung dari pohonnya (bisa manjat pohonnya juga lho). Ada cara asyik tapi ilegal buat nikmatin wisata petik jeruk ini: bawa alat perasan jeruk sama botol (ha-ha! don't try this at home). 
---

Kamu tipe penyuka bunga? Ga ada salahnya main ke Selecta. Tempat wisata yang penulis tahu pertama kali dari kalender (jaman jadul banget) ini akan memanjakan mata dan pikiranmu dengan bebungaan yang tumbuh subur dan mekar sepanjang hari. Selecta ini cocok banget untuk liburan keluarga. Selain kebun bunga, ada juga kolam renang dan beberapa permainan yang memacu adrenalin yang bisa kamu coba. 
---

Alun-alun Kota Malang bisa jadi alternatif pilihan untuk jalan-jalan pagi atau sore di Kota Malang. Tempatnya cukup luaaas dan lapang. Di hari libur tempat ini cukup ramai. Kamu bisa sekedar duduk-duduk, memberi makan burung yang ada disini, atau ngelamun cantik deh.
---

Di Malang ada kebun teh juga? ada dong! Tepatnya di daerah Lawang, kamu bisa habiskan hari kamu di Agrowisata kebun Teh Wonosari. Kebun teh yang terletak di kaki Gunung Arjuno ini menawarkan sensasi liburan khas perkebunan teh dengan cuacanya yang begitu sejuk dan pemandangan yang hijauuu. Tiket masuk tempat ini 10K (hari biasa) dan 15K (minggu). Kamu bisa nyewa sepeda kalo sudah cukup berumur untuk mengelilingi perkebunan ini dengan jalan kaki. Ada juga kuda yang bisa kamu naikin. Terdapat beberapa cottage disini yang bisa kamu sewa.
---

Terletak di Gondanglegi (sekitar 1,5 jam dari Kota Malang), Sumber Maron menjadi wisata recommended untuk kamu yang pengen nyobain ber-river tubing. Masuk tempat ini gratisss! Cukup sediakan uang 3K-5K untuk sewa ban. Asik gila! Selain river tubing, kamu bisa renang di air yang jernih bingit di kolam pemandian alaminya.
---

Satu lagi pantai di Malang Selatan yang kamu bisa kunjungi, Pantai Kondang Merak. Pantai dengan jenis pasir kemiri yang enak banget dibuat refleksi ini indah banget dengan beberapa bebukitan karang disekitarnya. Walaupun akses jalan kesini agak bikin kesel, dijamin ga bikin nyesel kalo udah sampe ditempatnya.
---

Tempat keren terakhir yang rugi untuk kamu lewatin adalah Perpustakaan UIN Maliki Malang. Gedung perpustakaan yang cukup luaaas serta koleksi buku yang buanyaaak dijamin bakal bikin kamu betah lama-lama disini. Di lantai 1 kamu bisa jalan-jalan mengunjungi peradaban masa lampau, mengunjungi negara lintas dunia, atau mengenal lebih dalam tokoh-tokoh lewat koleksi referensi (ensiklopedia, atlas, biografi dan sebagainya). Adanya BI Corner yang berada disamping layanan referensi juga bisa kamu manfaatkan untuk sekedar baca, nonton tivi, lesehan, tiduran di sofa, bahkan nimbang berat badan. Di lantai 2 kamu bisa cari inspirasi untuk bekal skripsi atau tugas akhir kamu nanti lewat koleksi tugas akhir. Juga, ada koleksi berbahasa Arab yang mencakup semua subjek (dijamin kamu bakal tambah pinter bahasa Arab, atau malah nge-blank sama sekali haha). Yang paling seru pastilah di lantai 3. Di lantai 3 tempat semua koleksi buku yang bisa dpinjam berada. Ribuan judul buku bisa kamu temuin disini. Kamu juga bisa nemuin pustakawannya yang keren yang bertugas di layanan pengembalian (baca: saya, haha!) Ditambah udaranya yang sejuk dan pencahayaan yang pas, juga pemandangan sekitar yang keliatan kece dilihat dari atas, bakal bikin kamu rileks (kalo kebablasan ya paling ketiduran).
---

3 comments:

  1. Mantab. Artikel yang bagus dan menarik. Salam kenal dari Rental Mobil Malang, Simpati 0821 41555 123

    ReplyDelete
  2. Keren euy.. yang ngambil fotonya bagus. Skillful.

    ReplyDelete