Jumat, 16 April 2021

Trip Yogyakarta Murah dan Hemat (with Bue & Ade) Bagian 1

"De dimana sekarang? Kita baru masuk Jogja. Mau nge-Maps ke hotel". Jam 19.15 malam pas udah masuk pinggiran Jogja (daerah Lanud Adi Soecipto) saya mengirim pesan ke Ade. Sekira 15 menit kemudian baru ada balasan,

"Aku juga belum ke hotel Mba. Aku lagi makan nasi goreng kambing nih di pinggir jalan. 5 menit dari hotel".

Pantes aja balesnya ga gercep, lagi nikmatin nasgor kambing tho 😑 dasar bocah itu...

"Mba jauh ga kesini? Kalo deket aku tungguin aja. Mbak kesini dulu aja. Enak banget nasi gorengnya"

Bue udah butuh ke kamar mandi sebenarnya; Perjalanan 6 jam Madiun - Jogja yang baru saja kami lakukan nano-nano banget rasanya. Saya suruh Bue untuk check-in hotel duluan, doi ndak mau (wajar sih setelah mendengar cerita saya dan Ade yang udah liat review hotel kami ini wkwk). Yawes deh kita susulin Ade. Nge-maps sebentar, yang dicari lagi asik makan nasi goreng kambing di atas lesehan trotoar Kota Jogja. Ahlan wa sahlan, Jogjaaa! Siang tadi kami sama-sama berpacu menuju kota sejuta rindu ini; Saya dan Bue berpacu di darat (naik motor) dari Madiun, sementara Ade berpacu di udara (pesawat) dari Jakarta. Alhamdulillah kamis malam ini udah bisa ngumpul😘

***

Alarm yang saya setel berbunyi. Hari ini Kamis 29 Oktober 2020 jam 3.45 am. Segera saja saya mandi dan bersiap-siap. Kegiatan akreditasi perpustakaan yang berlangsung selama 2 hari kemarin (di hari libur dan cuti bersama) mau gak mau membuat saya merubah sedikit rencana perjalanan Malang - Madiun - Yogyakarta by motor yang akan saya lakukan. Biidznillah. Awalnya mau berangkat Rabu siang atau sorean kemudian menginap semalam di Madiun, tapi ternyata selesai akreditasi hari pertama jam 9 malam. Ga mungkin.

PERJALANAN CEPAT MALANG - MADIUN
Jam 5 pagi saya memanaskan mesin motor kemudian berpamitan dengan adik kontrakan. Perjalanan pagi begitu mengasyikkan. Tak henti saya berucap syukur atas cuaca cerah pagi itu. Gunung Arjuno, Pegunungan Putri Tidur, bahkan Gunung Semeru nampak menyapa di kejauhan sana. Perjalanan berkelok-kelok dari Pujon menuju Kandangan (Kediri) yang biasanya lama menjadi lebih cepat karena jalanan lengang belum ramai kendaraan.
 
Pare Kampung Inggris terlewati. Biasanya Bue atau Irul (adik kost yang rumahnya di Madiun) rehat di sini karena posisinya yang berada di tengah. Saya merasa masih belum capek saat itu jadi lanjut saja (sambil membayangkan dibuatkan sarapan di rumah saudara yang ada di Madiun wkwkw). Sempat berhenti sebentar-sebentar untuk foto; Alhamdulillah jam 9 pagi udah sampai di rumah mbak sepupu saya di Madiun (Caruban).
 

MADIUN - TAWANGMANGU - SOLO - YOGYAKARTA 
Ada satu lagi tempat dingin yang masuk favorit saya yaitu Tawangmangu. Perjalanan ke Jogja kali ini kami lewat Tawangmangu; membuat saya excited. Gapapa cuma lewat doang udah seneng kok; udah relieved sama pemandangan dan udara yang didapat. Zuhur ketemuan sama Bue, mampir shalat dulu di Masjid dekat Alun-alun Madiun. Pas udah mau berangkat agak khawatir liat langit, kayak mendung gitu, semoga ga hujan ya Allah. Mulai masuk Magetan, ga hujan tapi juga ga panas. Sejuk deh. Masuk Tawangmangu kami rehat sebentar, melipir mampir ke salah satu warung. Bue pesan jeruk panas dan tempe mendoan, saya teh panas aja. 
 

 
Udah ngumpul tenaga, kami lanjutkan perjalanan. Mulai turun dari Tawangmangu, masuk ke Karangpandan kemudian Karanganyar. Masuk daerah Palur ga lama kemudian Solo. Sampai di Kota Solo menjelang Maghrib. Bue keliatan berputar-putar, entah kebingungan gatau jalan, entah emang lagi ngingat-ngingat jalan (Bue SMP di Solo). Saya manut aja di belakangnya. Akhirnya ketemu jalan lintas Solo - Jogja. Sudah beberapa kali saya melintasi jalan ini (dengan bus). "Aku kalo dari Solo ke Jogja gatau jalannya Mbak", kata Bue. "Wes kita ngikutin jalan lintas ini luruuus aja ga belok-belok", kata saya sok tau. Lalu berakhirlah perjalanan panjang hari itu itu di sebuah lesehan trotoar bersama sepiring nasi goreng kambing dan Ade.
 
KEMANA AJA SELAMA DI JOGJA?
Tujuan kami selama di Jogja adalah campuran dari tempat-tempat yang saya, Ade dan Bue ingin datangi. Sebelum hari H saya sengaja menanyai mereka satu-satu agar semuanya bahagia dengan perjalanan kali ini. Bue sih manut aja mau dibawa kemana (tapi doi sempat request pengen ke hutan pinus gara-gara keluarganya abis dari hutan pinus di Jogja). Ade lebih ke tempat-tempat yang lagi hits (ulasannya bagus di medsos) dan tempat yang bikin kenyang😁 Saya ngikut aja keinginan mereka. So, kemana aja selama 3 hari full di Jogja? Yok ikutin yoook.
 
Numpang Mampir Foto di Salah Satu Kampus Terbaik Indonesia, UGM
Jumat menjelang siang, 30 Oktober 2020. Begitu keluar dari hotel, kami langsung menyetel Maps menuju destinasi pertama di Kota Jogja. Qadarullah, ternyata rute menuju kesana melewati kampus UGM. Tidak menyia-nyiakan kesempatan, kami berhenti sebentar di depan gerbangnya. Kenapa ga masuk sekalian? Waktu yang terbatas membuat kami ga bisa berlama-lama untuk muterin kampus. Sekali dua kali cekrek, lanjuuut lagi!
 
 
Nyobain Es Krim Aneka Rasa di Tempo Gelato
Momen ke Jogja kali ini bertepatan dengan mudiknya Mbak Putri (kenalan di Lampung) ke kampung halamannya di Jogja. Saya sengaja mengatur waktu untuk sekalian ketemuan. Mbak Putri mengusulkan untuk ketemu di Tempo Gelato. Katanya doi udah kangen banget sama es krim kemanginya (hah?). Saya tanya Bue dan Ade apa mau kesana atau enggak, mereka setuju aja. Okedeh cusss. Jumat siang keluar dari hotel kami yang sangat nyaman langsung menuju Tempo Gelato. Ternyata tempatnya rame dan lumayan terkenal; ada beberapa cabangnya (saya aja yang katrook gatau). Biasanya sih saya ga terlalu yang gimana gitu sama tempat-tempat semacam ini (apasih). Karena penasaran sama rekomendasinya Mbak Putri, akhirnya saya pesan gelato rasa kemangi. Eh aneh rasanya; tapi aneh yang bikin penasaran. Enak juga sih kek makan lalapan malahan wkwkw. Selain gelato, yang enak lainnya di sini adalah: air putihnya. Entah ya seger banget gitu mengobati eneg. Next kalo ke Jogja kayaknya bakalan ke Tempo Gelato lagi deh (walau harganya lumayan untuk kantong). Recommended!
 


Makan Masakan Khas Jogja Gudeg Yu Narni
Awal sampai di Tempo Gelato, langsung shock liat antriannya yang mengular. Kami yang keluar dari hotel agak siangan dan belum sarapan langsung memutuskan cari makan dulu sebelum masuk situ. Jalan kaki sekira 1 kiloan nemu deh tempat makan gudeg. Yang pesan Bue sama Ade aja, saya ogah. Kebayang manisnya gudeg😫 Kalo liat dari piring mereka yang bersih tak bersisa, keknya Gudeg Yu Narni ini enaque. Silakan dicoba ya kalo ke Jogjaaa. Satu porsi nasi gudeg plus lauknya ga sampai 20K harganya.


Makan Mie Gacoan Dekat Kampus UNY
Selain janjian dengan Mbak Putri, kami sekalian ketemuan dengan Amel, teman angkatan Bue dan Ade dan adik kontrakan saya di Malang dulu. Ngobrol ngalor-ngidul plus mandorin Ade sama Bue untuk ngerjain tugas kantor saya yang terpaksa 'kebawa' di perjalanan kali ini (hadeh). Keasikan ngobrol ditambah hujan yang turun deras banget, baru keluar dari Tempo Gelato sehabis Ashar. Di itinerary yang kami bikin, Ade pengen nyobain Mie Gacoan (saya dan Bue sih udah puas banget dengan segala macam diskonnya di Malang). Oke baiqlah kita kesana. Enaknya Mie Gacoan tuh, harganya pas untuk kantong mahasiswa. Udah si itu aja wkwk. Tapi rasanya juga enak ga mengecewakan; selain itu bisa beli aneka dimsum dan minumannya yang variatif.

 
Pesan Angkringan Kopi Joss Lik Man Gara-gara Kelaparan Malam-malam
Seharian tadi kalo diingat-ingat, saya belum ada makan nasi sama sekali. Rencananya malam ini mau hunting angkringan di sekitaran kota. Tapi gara-gara keteledoran saya lupa bawa oleh-oleh dari Malang pas ketemuan sama Mbak Putri di Tempo Gelato tadi, jadinya sehabis maghrib kami ke rumahnya (di Jalan Kaliurang arah kampus UII). Perjalanan pulang dari sana hujan deras mengguyur. Udah capek, kehujanan jugak, saya ga tega untuk ngajak 2 bocah ini untuk nyari angkringan. Akhirnya beli nasi goreng dekat hotel. Cuma beli satu bungkus karena Bue dan Ade udah kenyang (katanya). Entah porsinya yang kurang banyak atau memang saya yang masih kelaperan, saya minta Ade untuk buka aplikasi onlen, pesan makan lagi, udah hampir jam 10 malam padahal (ya gimana dong masih laper akutu). Hampir 30 menit lamanya pilih-pilih jadinya pesan di Angkringan Kopi Joss Lik Man. Kita random ajasih ga cari tau mana angkringan di Jogja. Pas pesanan sampe dan nyicipin makan nasi terinya, wuaaah ini enak banget! Ga salah inimah. Murah pulak. (ternyata Angkringan Kopi Jos Lik Man ini memang terkenal, sodara-sodara).

 
Pagi Hari di Tugu Jogja dan Sarapan Sop Ayam di Alun-alun Keraton
Hari Sabtunya kami bersiap-siap dari pagi hari. Semalam di sela menemani saya yang asik makan nasi goreng, Bue dan Ade bikin rencana untuk hari itu. Karena waktunya mepet dan masih ada tempat yang mau didatangi sebelum kami pergi meninggalkan kota menuju Gunung Kidul (Wonosari), mereka menyusun itinerary se-efisien mungkin. Saya manut aja. Jadilah, paginya menyempatkan ke landmark Jogja yaitu Tugu Jogja. Saat kami datang, ternyata Tugu Jogja sedang dalam proses renovasi. Lumayan ruwet sih. Kami ga lama-lama; setelah itu keliling sebentar untuk cari sarapan. Pilihan jatuh pada sop ayam pinggir jalan depan Alun-alun keraton. Mayan lah sambil makan sambil liatin lalu lalang delman, becak, sepeda dll. Setelah itu segera balik ke hotel untu beberes dan ngelanjutin ke destinasi berikutnya.
 
 

Penasaran sama Bleger di Mamahke Jogja Taman Sari
Pulang dari sarapan di Alun-alun Keraton langsung ke hotel. Beberes dan gantian mandi; Karena ada beberapa tempat yang mau kami datangi hari ini, kami komitmen dengan jadwal yang udah dibuat semalam. Tujuan pertama setelah check-out hotel adalah menuju outlet Mamahke Jogja punyanya artis yang itu tuh. Saya sih ga noticed kalo bukan karena bocah-bocah ini. Gimana rasanya, enak ga? Karena saya pecinta makanan 'ga sehat' kayak burger dan kawan-kawannya, ya enak-enak ajasih. Satu burger Bleger dihargai 30K. Outlet Mamahke Jogja letaknya di dekat Taman Sari. Jadi bisa sekalian mampir tuh kalo sempat.



Kuliner Legendaris Mangut Lele Mbah Marto
Tujuan selanjutnya setelah dari Mamahke Jogja adalah tempat request-an saya yaitu Mangut Lele Mbah Marto. Sebagai pecinta lele garis keras, menjadi keharusan buat saya nyobain segala macam olahan lele yang khas di daerah yang saya datangi. Dari kota menuju tempat ini tidak terlalu sulit; ikutin aja petunjuk Google Maps. Sampe di lokasi udah hampir siang, panas menyengat. Masuk ke tempatnya lebih panas lagi. Ada yang nyeletuk, panasnya kayak di neraka hoaaa. Mangut Lele Mbah Marto ini termasuk kuliner legend di Jogja. Kalo liat di poto-poto yang dipajang di dinding batanya yang sederhana, banyak pesohor yang udah nyicipin mangut lele di sini. Tanpa berlama-lama, langsung menuju pawon (baca: dapur -Jawa) untuk memilih langsung lauk dan menu. Ada beberapa jenis sayur dan lauk; yang jadi primadona tentu saja mangut lelenya yang pedasss. Satu porsinya dihargai 25K. Rasanya? Pedas membahana! Kayak diserang sama puluhan cabe rawit. Rasanya juga homey atau kerumah-rumahan. Saya pribadi sih sukak dan akan kesini lagi kalo misal ada rizqi ke Jogja.
 

 
Dari warung makan Mangut Lele Mbah Marto yang ada di Bantul, kami melanjutkan perjalanan menuju Wonosari (Gunungkidul). Selain untuk menemui seorang mbak baik hati kenalan saya, juga untuk mengunjungi beberapa wisata di sana yang ga kalah pesonanya sama wisata di Kota Jogja. Apa aja itu? ...bersambung ke bagian 2 insyaAllah.

2 komentar:

  1. Gimana ini gimana.. Tulisannya bikin jadi pengen balik Jogja lagii 😭
    Nice. Ditunggu sambungan ceritanya mbak 🙊😆

    BalasHapus
  2. Wah sungguh tidak baik membaca tulisan ini di tengah hari saat puasa karena kok jadi laper wkwkw. Jogja day one and two full kuliner yah kita. MasyaAllah. Thank u mbak atas tulisannya, ditunggu part keduanya


    -Ade

    BalasHapus