Minggu, 24 Maret 2019

Jalan-jalan ke Ciwidey (1) : Sore Hari di Perkebunan Teh Rancabali

Hari Kamis, 7 Maret 2019. Pagi sehabis shalat subuh saya minta tethering ke Ratih. Dari kemarin sore kartu saya hilang sinyalnya (belum nyadar). Hari ini adalah hari H, geng Trip Bandung (Saya, Ade, Nita dan Irul) ketemuan di Masjid Raya Bandung. Nita dan Irul sudah dari semalam otewe (dari Banjarnegara dan Madiun), sementara Ade baru subuh tadi perjalanan menggunakan travel dari Jakarta. Kurang lebih jam 6 pagi, Nita berkabar sudah sampai di Terminal Leuwi Panjang dan langsung menuju ke Masjid Raya. Irul pun Alhamdulillah keretanya sudah sampai di Kiaracondong.

Setengah 9 pagi saya berangkat dari asrama Nurul Fikri Boarding School Lembang menuju Kota Bandung. Masih belum nyadar dan berprasangka baik kalo kartu saya ilang sinyal karena masuk daerah pelosok (wkwk padahal Sekolah NFBS ga terpencil-pencil amat). Udah sampe Dago masih aja belum ada sinyal. Baiklah, mampir ke konter dulu di Pasar Dago, beli nomor cadangan. Tidak semudah itu, Fergusooo! Beli nomor baru harus didaftarin dulu pake KTP sama KK. KTP okelah, lah KK-nya gimana mau nanya sama orang rumah?! Gabisa ngehubungin kemana-mana *nangisdipojokan

Saya yang anti mohon-mohon sama orang, pada akhirnya dikasih solusi sama abang konter. Doi nyaranin untuk langsung diurus aja nomornya di Grapari. Ga jauh, ga sampe 1 kilometer dari situ. Antara galau ngurus dulu atau lanjut aja langsung ke Masjid Raya. Akhirnya muter menuju Grapari.

Susah banget mau janjian zaman now ya. Bener-bener harus punya koneksi internet (!)

Berkat pelayanan prima dari staf Grapari Telkomsel Dago, ga sampe sejam urusan per-kartu-an selesai. Hasilnya: nomor saya hangus dan gabisa dipake lagi dan saya harus beli nomor baru. Baiqlah (dalam hati nelongso banget, nomor dibelikan adik tersayang hwaaaa). Begitu dapat nomor baru dan ngaktifin internet, masuk semua deh pesan-pesan di grup Trip Bandung. Nita berkabar kalo Irul keilangan sepatunya di Masjid Raya Bandung. Sepatu baru 2 kali dipakai. Ya Allah. Pelajaran untuk Irul tentang keikhlasan dan kehati-hatian. Ade baru jam 10-an sampe Masjid Raya Bandung, kejebak macet. Mereka udah ngumpul bertiga Alhamdulillah.

Jam 11 kurang saya sampai sekitar Masjid Raya. Sendiri, pake Maps dan tanpa nyasar, yeay! (bangga banget). Akhirnya. Ga lama dari itu, kami memutuskan untuk langsung ke Ciwidey (padahal saya pengen banget mampir ke Jalan Asia - Afrika hiks). Akhir pekan atau tanggal merah, Kota Bandung selalu penuh sama orang liburan. Area Jalan Asia- Afrika dan Masjid Raya Bandung dipadati pengunjung. Daripada pusing berjubelan sama orang, entar-entar lagi deh kesananya pas sepi.


Bismillah. Squad terniat udah kumpul semua (Malang - Jakarta - Madiun - Banjarnegara). Mari memulai trip yang udah kita rencanain jauh-jauh hari ini, kawan. Irul langsung mengambil kendali kemudi motor. Saya dibonceng Irul sambil baca Maps. Ade membonceng Nita di belakang kami. Cuaca yang begitu panas tidak menyurutkan semangat kami. Uhuk. Sebenarnya jarak dari Kota Bandung ke Ciwidey tuh ga jauh-jauh amat, tapi jalannya yang ga begitu lebar ditambah banyaknya kendaraan, otomatis harus bersabar merayap di antara kendaraan yang lain.


Jalur yang kami lalui menuju Ciwidey ini searah dengan Stadion Si Jalak Harupat. Bobotoh dari penjuru muka bumi Indonesia bertebaran di jalanan. Bukan hanya bobotoh, banyak juga yang berpakaian bonek Persebaya. Ternyata kamis sore nanti akan ada jadwal pertandingan sepakbola antara Persib versus Persebaya. Sudah deh nambah lambat motor kami melaju di jalanan -_-


"Mbak, Nita pusing belum sarapan nih. Makan dulu yok". Kalo Ade yang bilang gitu, berarti dia yang sebenarnya pengen makan -_-

Hampir separuh perjalanan, kami berhenti di sebuah rumah makan pinggir jalan di daerah Soreang. Nama tempat makannya Bale Bambu 3. Random aja sih yang penting ada nasi, mengenyangkan. Saya pesan seporsi Nasi Tutug Oncom lengkap (17K). First time nyobain dan ternyata rasanya enak banget! Nasinya pulen dan ga lembek. Oncomnya malah kayak daging rasanya (wkwkw lebay). Dimakan gitu aja tanpa lauk udah enak. Nasi Tutug Oncom atau biasa disingkat Nasi TO ini merupakan nasi yang berasal dari Tasikmalaya. Nasi khas Sunda selain Nasi Timbel dan Nasi Liwet. Awalnya nasi TO merupakan nasi "orang susah" karena dibuat untuk menyiasati ketiadaan lauk atau kekurangan nasi. Jadi dicampur deh biar banyak dan bisa dimakan tanpa lauk. Tapi sekarang nasi ini udah 'naik kelas', akan banyak kita temui di rumah-rumah makan yang ada di Jawa Barat dan dijual secara 'terhormat' wkwk apasih bahasanya!

Sama deh kayak Nasi Kucing di Jogja, kisahnya.


Bukan cuma Nasi Tutug Oncomnya aja yang enak, lalapan ayam dan nasi kikil yang dipesan Irul juga mantaap. Sambelnya itu lho yang bikin nikmat. Ga kayak sambel terasi. Warnanya hampir kehitaman dan pedesnya juarak! Terus sayur asemnya segerrr! Untuk semua makanan enak itu, kami tidak sampai mengeluarkan kocek yang dalam. Per orang ga sampai 20K.

"Besok pulangnya mampir sini lagi ya".


Kurang lebih sejam kami rehat makan dan shalat di Bale Bambu 3. Saatnya bergegas biar ga kesorean sampai di Ciwidey. Saya minta tolong Ade untuk hubungin ibu pemilik penginapan sekalian minta kirim lokasi. Ngecek di Maps, jarak dari tempat kami makan ke lokasi yang dikirim cuma setengah jam. Wih ga jauh lagi ternyata. Gaskaaan!

Kami langsung menuju Pondok Jurang, penginapan yang sudah kami booking dari jauuh hari (u-nya 2). Ibunya ramah masyaAllah. Pondok ini untuk yang muhrim aja (cowo semua, cewek semua atau suami istri dan keluarga). Saya nemu penginapan ini di IG (@pondokjurang). Setelah baca sana-sini, emang agak susah nyari penginapan di Ciwidey dengan harga dibawah 200K. Tarif menginap semalam di Pondok Jurang untuk 2 orang, 250K. Kalo berempat jadinya 350K (lebih murah). Untuk extra bed-nya 30K.


Kenapa kami pilih menginap di Pondok Jurang? Selain karena harganya yang terjangkau, viewnya juga dapet. Pas hari lagi cerah, kita bisa liat matahari terbit dari jendela kamar. Selain itu, kamarnya lebar dan lega, cocok untuk yang badannya sehat-sehat kayak Ade, Irul dan saya wkwk! Ada fasilitas air panas dan televisi juga. Kurangnya cuma satu deh, gak ada Wi-Fi. Ciwidey ga pelosok-pelosok amat kok. Sinyal buat internetan insyaAllah masih oke.
 



Ciwidey merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung. Daerah yang berada di ketinggian 1200 mdpl ini termasuk salah satu kota dengan suhu dingin sepanjang hari di Indonesia tanpa mengenal musim (dingin teruus pokonya). Alamnya indah berbukit-bukit. Kekayaan alam dan hasil buminya jangan ditanya; Belum lagi pemasukan dari tempat-tempat wisata yang ada di sini. Ciwidey hampir mirip Kota Batu; Daerahnya cukup ramai dan tidak ndeso banget. Banyak Alfamart dan Indomaret serta ATM.

Selain Kawah Putih, Ciwidey juga terkenal dengan wisata petik stroberinya. Ada banyak tempat bagi pengunjung yang mau merasakan sensasi memetik langsung stroberi kemudian ber-selfie ria di perkebunannya.

Kami rehat sebentar di penginapan demi meluruskan otot-otot. Di dinginnya udara Ciwidey, sayup-sayup mata mengantuk. Gaboleeeh! Ga boleh tidur pokonya, rebahan aja. Saya biarkan bocah-bocah rehat barang sebentar, menghilangkan lelah di jalanan tadi. Sekitar jam 3 sore, tancap gas naik ke atas ke arah perkebunan teh. Jarak dari penginapan Pondok Jurang ke tempat-tempat wisata terkenal di Ciwidey tidaklah jauh. Tidak sampai 30 menit, kami melewati Kawah Putih. Setelah itu, Bumi Perkemahan Ranca Upas yang ikonik banget sama rusa-rusanya.

Ga lama kemudian,

Taraaa...!



Too good to be true. Masya Allah. Inilah gambaran perkebunan teh yang sebenarnya, yang saya impikan dari zaman kecil dulu. Ya yang kayak gini ini. Sejauh mata memandang. Perkebunan teh ini akan kita lewati jika menuju Situ Patenggang. Hamparan kebun teh yang bersisian langsung dengan jalan raya menjadi hiburan mata tersendiri. Perkebunan teh yang berada pada ketinggian 1600-an mdpl ini memiliki cuaca sejuk dan dingin. Di beberapa titik dimana kita bisa berhenti, terdapat beberapa warung untuk sekedar menyeduh mie atau menyeruput kopi.



Menurut artikel yang saya baca, perkebunan teh di Ranca Bali sudah ada sejak tahun 1870-an. Di Pabrik Teh Ranca Bali disediakan paket wisata edukasi tentang dunia teh; mulai dari proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai dengan pengolahan teh. Selain itu pengunjung juga bisa mengikuti tea walk, sejauh 2,3, atau 4 km (semampunya yang mana). Karena pas kesana kemarin saya belum tahu kalo ada wisata edukasi-nya, jadi cuma foto-foto di pinggir jalan aja.


Warna alam selalu menenangkan dan menyenangkan untuk dilihat ya. Wilayah ini sama kayak daerah Cangar di Kota Wisata Batu, tiap sudutnya punya unsur magis untuk jadi subjek foto. Indah banget masyaAllah. Sebenarnya Kebun Teh Ranca Bali ini hanya satu dari sekian banyak perkebunan teh indah banget di Jawa Barat. Masih ada banyak perkebunan teh yang bisa kita jelajahi.


Sekitar jam 5 sore kami kembali lagi ke penginapan. Malam harinya kami keluar menuju Alun-alun Ciwidey. Capek sih sebenernya mah, tidur di kamar lebih enak. Apalagi tiga bocah ini yang dari semalam perjalanan dan belum benar-benar istirahat sama sekali. Tapi demi pengalaman traveling yang utuh, kami memutuskan keluar, ke Alun-alun Ciwidey.

Ada banyak sekali gerobak jualan di Alun-alun Ciwidey. Mulai dari bakso, martabak, sup buah, jajanan tradisional maupun kekinian ada semua. Tinggal pilih. Irul penasaran sama Kue Balok kemudian mendekati salah satu gerobak jualan Kue Balok. Kami adalah para jomblo yang lagi nyari kehangatan di suhu dinginnya Ciwidey lewat semangkuk bakso atau mie ayam. Ada beberapa gerobak jualan bakso di tempat itu. Ade nanya sama bapak penjual Kue Balok,

"Pak, bakso yang enak di sini yang mana?"

"Itu sebelah sana", tunjuk bapaknya pada sebuah warung bakso di pojokan 

Boleh juga nih caranya Ade wkwk. Malam itu kami menghabiskan waktu di Alun-alun Ciwidey bersama Kue Balok, semangkok bakso gede murah, es susu murni dan susu soda. Pulangnya, ga lupa beli roti bakar untuk sarapan ringan besok pagi.



Tidak sampai jam 10 malam, kami sudah di penginapan lagi. Ade, Nita dan Irul udah pasang kuda-kuda buat tidur di kasur masing-masing. Saya melipir tidur di sofa depan tivi. Ade membuka obrolah, wah alamat bisa sampe malem nih kalo Ade udah ngajakin ngobrol. Benar saja, jam 12 malam lewat Ade baru tidur, kemudian saya menyusul.

2 komentar:

  1. ekhm cara yang ampuh untuk tau mana bakso terenak ialah tanya penduduk setempat. pas bagian makan batagor ga masuk nih mbak ? hmm btw kalah start nih huhuhu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batagor kelupaan eh, wkwk. Gambling sih sebenarnya kalo nanya sm yg jualan di situ juga, bisa jadi subjektif or objektif jawabannya. But cara yang keren utk dicoba.

      Hayuk buruan ditunggu versi lain dari cerita ini.

      Hapus