Rabu, 10 Januari 2018

Seberapa Dalam Kamu Kenal?: Ade Sofiarani

IMG20160827162814

Hari ini, 15 November 2017, tepat dua bulan bocah ini meninggalkan Malang; kota tempatnya memperoleh semua hal; manis asam asin yang (saya yakin) akan ia rindukan ketika sudah berada di tanah lahirnya sana. Tidak ada tangis haru saat melepasnya pergi, namun tetap saja ada yang terasa sesak ketika "dipunggungi" salah seorang yang menghadirkan kelucuan dan keluguan dalam hidup kita, bukan?

"De, mau dibawain apa buat pulang?"
"Sempol aja deh Mbak"
"Yakin itu aja?"
"Iya Mbak buat di kereta".

Walhasil, berdua dengan Nenab rela nungguin antrian panjang mamang sempol depan UIN (yang kata Nenab merupakan gerobak sempol yang paling enak se-Malang Raya, uhuk). Setelah itu, memburu waktu untuk segera sampai di stasiun; demi melihatnya untuk terakhir kali. Kata Nenab, "tenang Mbak, insyaAllah kita duluan sampe. Pake jalur go-jek ini".

***

Mungkin sudah menjadi suatu ketetapan dari Allah, semenjak merantau ke Malang tahun 2013 lalu, dipertemukannya saya dengan banyak orang-orang lebih muda di sekitaran hidup saya. Salah satunya adalah bocah zaman now ini, Ade Sofiarani. Pertemuan pertama kami terjadi di rumah Ar-Rifah November 2013 silam; Saat itu anggota kontrakan sedang proses ta'aruf atau perkenalan. Entah bagaimana rimbanya, Ade ikut. Padahal sebagai mahasiswa tingkat pertama di UIN, harusnya ia berada di ma'had. Setelah perkenalan 'resmi' pertama itu, Ade sesekali saya dapati berada di kontrakan Rifah (untuk menginap atau sekedar menumpang makan, wkwk!)

Kesan pertama yang melekat kuat tentang bocah ini adalah, seperti namanya, Ade itu Ade(k)-able banget. Ngomongnya lucu dan polos. Pipinya ngangenin. Bahkan salah seorang anggota kontrakan tahun pertama waktu itu, menamainya dengan Abul (baca: Anak Bulet) - sampai saat ini saya masih suka menggunakan panggilan itu dan bahkan menamainya di hape dengan nama itu. Hehe. Pokoknya bawaannya lucu dan senang aja kalo ada Ade (sama #baper, alias bawaan laper lihat pipi bulatnya).

Semua berjalan biasa saja sampai akhirnya takdir Allah mempertemukan kami dalam satu kontrakan, di tahun ketiga studinya di Malang. Wah, bakalan rame ini, batin saya. Jadi sejujurnya, sebelum kami tinggal satu kontrakan, saya merasa ada chemistry kalo tiap ketemu Ade di kampus atau di acara kontrakan. Pasti kerasa khan ya, kalo kita itu suka ketemu sama seseorang.

Ade dan Saya
Banyak momen terjadi pada kami berdua yang bisa dijadikan ingatan indah. Pernah suatu malam, kami berdua makan sempol di taman. Apa istimewanya makan sempol malam-malam di taman? Terasa istimewa, karena malam itu kami berdua duduk di salah satu sudut taman sambil cerita ini itu, dinaungi langit yang bertabur bintang. So relaxing. Sebelum ke taman itu, kami berdua jalan kaki ke warung soto harga 4K dan saya ga jadi nambah nasi karena uangnya (takut) kurang. Ehe. Bahagia dalam keterbatasan.

Cerita berkesan lainnya bersama Ade, saat saya mengajaknya pergi dengan dua orang teman (Tika dan Indah) ke Sumber Sirah dan Wisata Petik Buah Naga. Kami menghabiskan waktu sampai malam hari tiba. Dihujung perjalanan Ade bertanya, "Mbak seneng ga hari ini?". Terdengar sederhana, namun tulus :)

Ade teman ngobrol yang enak #emangnyaKue. Bisa sampai berjam-jam dan berpiring-piring makanan kami habiskan jika sedang membicarakan sesuatu. Kadang ia suka minta saran, dan selalu saya kembalikan padanya, "tanya mamah Ade". Ade ga sungkan untuk bilang pada saya, "Mbak beli ini..." Insya Allah kalo pas ada rizqi, saya belikan. Manja-nya seorang adik yang meminta sesuatu pada kakaknya, feel itu bisa Ade berikan untuk saya.

Oiya satu hal yang begitu mengingatkan saya sama Ade. Apa itu? Ustadz Hanan Attaki. Jadi sekarang ini saya demen banget dengerin tausiyahnya beliau. Gara-garanya? Setiap lagi piket masak, Ade selalu nyetel ceramahnya beliau di yutup. Awalnya ga suka banget (ih, Ustadz itu feminim banget suaranya, malesin), lama-kelamaan kok Allah kasih hidayah. 


Ade dan Ar-Rifah
Bisa dibilang tahun dimana semua bucket list jalan-jalan terpenuhi, itu adalah tahun Ar-Rifah bersama Ade (tahun 2016 kemarin). Memang bukan karena Ade 100%, tentunya berkat kerjasama yang sangat baik dari semua adik-adik Ar-Rifah, Nita, Irul, dkk. Tapi saya merasakan ada peran besar Ade dalam mewujudkan bucket list kontrakan kami di tahun itu.

Ade itu 'biang ribut' di kontrakan. Kalo kontrakan ga ribut, berarti gak ada Ade. Dan partner berisiknya adalah Iroel Munirooh. Sudah lah, jangan harap kamu bisa 'hidup tenang' kalo misal Ade udah ngajakin adik-adik bercanda atau main games aneh-aneh macam ngelemparin botol yang ada isi airnya, main werewolf, uno, dan sebagainya.

Ada kalanya juga, tiba-tiba Ade habis ikut ngaji dimana dan ngebahas apa, temanya dibawa 'pulang' dan diobrolkan bersama adik-adik. Bisa sampai berjam-jam kami ngumpul di kamar siapa, ngalor ngidul ngomongin isu-isu terkini dari mulai Pilkada DKI, kenaikan tarif listrik, sampai ke bakul jajanan baru dengan promo gratisannya -_-

Kalau tiba-tiba adik-adik pada ngilang pas sore atau malam tiba, Ade mesti jadi tersangkanya (!). Dibawanya mereka makan entaah kemana atau nonton atau ngerjain tugas di tempat yang ada WiFi gratis.


Ade dan Pipi Bulatnya
Anak jurusan Teknik Informatika UIN Malang 2013 satu ini, paling maleees dan biangnya ngeles kalo misal ngerjain sesuatu semisal: Ada mangga di meja kontrakan. Agak sedikit mustahil yang namanya Ade Sofiarani bakal ngupas itu mangga. Mesti dia punya cara gimana itu mangga bisa dia makan tanpa harus mengupas sendiri.

Kalo dibonceng Ade bawa motor, hadeeeuh! Maklum lah ya, pengemudi ibukota. Grasa-grusu ga tenang bawaannya. Tapi beberapa kali anak ini "manja" minta dibonceng. Sedikit ngedumel dalam hati, "ishhh ga sadar apa beratnya dirimuu De..." Tapi ya tetap aja luluh.

Ade ini semacam makhluk nokturnal; kerjaannya begadang. Orang pada tidur, dia melek sampai subuh buta baru tidur. Teman-temannya kalau lagi begadang: cicak di dinding, tokek depan kosan yang berisik banget kalo malem, sama Mar'ah yang juga ikutan begadang ngacak-acak tempat sampah. Kalo pas saya mau berangkat kerja dan mendapati anak ini sedang "membangun peradaban", mesti saya ganggu. "De, bangoeeennn", "De dicari Mar'ah", "De ada makanan", pokoknya apapun yang bisa bikin Ade melek sejenak *sengajaBanget

Kalo lagi ada pencarian bakat menggantikan (Alm.) Pak Bondan maknyuss, maka Ade akan saya suruh untuk mendaftar. Rasanya seperti semua tempat makan yang ada di Malang ini sudah didatangi olehnya. Kata-kata khasnya kalo lagi endorse tempat makan... "Mbak kesana deh, enak lho. Murah jugak. Recommended. Worthed lah."

Ade dan Istimewanya
Sejujurnya saya sempat penasaran, apasih yang dipunyai anak ini? kharisma macam apa yang dimilikinya sehingga banyak yang merasa nyaman dekat dengannya. Setelah sering mengobrol, makan sambil sharing ngobrol ngalor ngidul, akhirnya terjawab sudah rasa penasaran saya. Ade itu kayak punya magnet yang bisa bikin orang nempel padanya -entah diajak makan, foya-foya dimana kek, nonton film. Pokoknya kalo sama Ade itu ibaratnya dibawa seneng-seneng terus. Lupa bagaimana jadi orang #susah. Ade bisa memberikan pengalaman 'tidak biasa' pada orang-orang dekat di sekelilingnya, contoh: Ngajakin Irool ke sebuah kafe yang harga minumnya doang setara dengan jatah makan anak kos untuk 2 hari.

Ade dan Impiannya
Satu hal yang saya acungkan empat jempol untuk Ade adalah, dia mampu lulus tepat waktu (sangat tepat malah). Masih jelas dalam ingatan, pada satu waktu ia sempat "bimbang", setelah mengikuti sebuah kegiatan di Jogjakarta; Apakah Ade mau lulus tepat waktu atau bertahan di kampus dulu dengan amanah-amanah yang masih harus diselesaikan? Ade sempat bertanya pada saya dan saya jawab, "lulus tepat waktu, pulang ke rumah nemenin ayah mamah, De". Pernah juga Juga Ade minta saran ke saya, di sela waktunya mengerjakan skripsi, "Mbak, gimana kalo Ade jualan kue? Ringan kok kerjanya, dari pagi sampe kuenya abis aja". Saya bilang padanya, "selama orangtua dan kakak-kakak Ade masih sanggup biayain Ade, Ade fokus aja urus skripsi. Jangan kerjain hal-hal lain yang bikin ga fokus". 

Auckland; sebuah kota indah di salah satu sudut New Zealand sana, adalah negeri impian yang ingin dijejaknya. Ade sukses  membuat saya ikutan jatuh cinta pada New Zealand sampai-sampai mengikuti puluhan akun-akun wisata NZ. Sempat timbul kegalauan saat Ade sedang magang di Malaysia, "Eh Mbak, Norway apa Auckland ya?" -_-


Saat ini Ade sedang menikmati 'hadiah' dari Allah atas ilmu yang telah ditekuninya selama 4 tahun di kampus. Menjadi 'pekerja kantoran'. Masih ga habis pikir sih, anak se-unyu itu sudah harus menjalani peran ala 'orang dewasa'. Ingin saya, Ade bisa meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, tinggii tinggii sekalii. Sabar sejenak ya De. Jadi anak ayah mamah dulu. Kelak akan tiba masanya, biidznillah, langkah kaki itu menapak bumi Allah yang lain. Seperti peta yang Ade bentangkan di depan meja belajar itu, seluas itu pula kesempatan yang akan Allah berikan pada Ade, asalkan Ade istiqomah menjaga impian Ade dan ga berhenti yakin sama Allah. Insya Allah. Dengan izin Allah. Atas rahmat dan kasih sayang-Nya.

Baik-baik di sana ya De. Semoga Allah pertemukan kembali dalam kondisi yang lebih baik. Kebersamaan yang Allah pernah beri, kelak akan jadi ingatan indah yang akan kita ceritakan pada generasi penerus kita. Uhibbuki, fillah.

2 komentar:

  1. Aku terharu banget baca, kalimat2 terakhirnya mbak :'(
    masyaAllah wa Alhamdulillah,
    makasih ya mbak, sudah menjadi kakak yang begitu penting dan sangat ade sayangi..

    karena Allah, semoga kita bisa bertemu lagi,
    sehingga nanti akan ada cerita postingan ini part 2
    atau tentang mba di blog ku

    loveyoufull from bsd.

    BalasHapus
  2. Membaca ini jadi terharu juga. Seperti mendengar cerita seseorang langsung.
    Ah ga kuat pengen netes ni air mata kak :'(

    BalasHapus