Selasa, 18 September 2018

Sunset di Pantai Watu Leter Ga Kalah dengan Pantai di Bali


Menurut kamu, apa yang indah dari tenggelamnya matahari?
Kalau saya, senja yang datang mengisyaratkan berakhirnya waktu satu hari yang diberikan pada seorang hamba, anak manusia, untuk mencari bekal yang akan dibawa di akhirat kelak (bekerja, menuntut ilmu, mengurus anak, dan rupa-rupa kegiatan lainnya). Ia juga mengisyaratkan waktu beristirahat untuk manusia-manusia yang dari pagi memulai aktifitasnya; Namun ada juga yang menjadikan waktu senja (terbenamnya matahari) sebagai start awal mencari nafkah (tukang martabak, nasi goreng, petugas ronda, dan sebagainya).

Dalam Islam, waktu senja berarti dimulainya satu hari yang baru (lagi). Karena satu hari baru dimulai bukan dari jam 12 malam melainkan pada waktu maghrib. Kalo Jepang dikenal sebagai Negeri Matahari Terbit, pernah tau ga Negeri Matahari Terbenam? Yep, itulah negara Maroko atau Morocco (Arab: Maghribi).

Tidak hanya mencintai momen tenggelamnya matahari, lebih dari itu, semoga dapat kita selami hikmah yang Allah berikan pada kejadian alam yang terjadi atas kehendak-Nya. "Dan ambillah hikmah pada tiap pergantian siang dan malam..."

Salah satu tempat favorit untuk menyaksikan matahari tenggelam adalah pantai. Kenapa pantai? Karena bisa dibilang, pantai adalah salah satu tempat paling sempurna, the perfect place to see the sunrise on the horizon. Mau tau indahnya sunset di Pantai Watu Leter, salah satu pantai yang berada di jajaran pantai Malang Selatan, yang ga kalah sama sunset di Pulau Bali? Let's check!

Lokasi Pantai Watu Leter
Pantai Watu Leter terletak di daerah Malang Selatan tepatnya di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Letaknya persis bersebelahan dengan Pantai Goa Cina. Awalnya, pengunjung yang akan datang ke pantai ini harus melalui Pantai Goa Cina kemudian berjalan melewati perbukitan hingga sampai ke tempatnya. Tapi belum lama ini dibuat jalan masuk melalui JLS sehingga pengunjung bisa langsung menuju lokasi tanpa melalui Pantai Goa Cina.


Cara Menuju Pantai Watu Leter
Perjalanan menuju Pantai Watu Leter dapat ditempuh melalui Jalan Lintas Selatan via Balekambang maupun via Sumawe (Sumbermanjing Wetan). Untuk datang kemari menggunakan angkutan umum agak sulit (bahkan gak ada). Lebih baik sewa motor maupun mobil. Yang bawa mobil, harus hati-hati karena jalanan masuk menuju pantai masih berupa makadam dengan medan berupa tanjakan dan turunan. Ga jauh sih, cuma lumayan bikin tahan napas. Perjalanan dari Kota Malang menuju pantai ini ditempuh sekitar 2,5 - 3 jam.

Tiket Masuk Pantai Watu Leter
Biaya yang dikenakan untuk masuk ke pantai ini 30K untuk dua orang dan satu motor. Lumayan mahal sih (menurut saya). 

Fasilitas yang Tersedia
Dibandingkan dengan beberapa pantai seperti Balekambang, Goa Cina dan Bajulmati, pantai ini bisa dikatakan 'baru'. Belum terlalu banyak pengunjung yang datang, hanya beberapa muda-mudi yang 'niat'. Tidak ada banyak warung, hanya ada satu dua di dekat loket parkir. Begitu juga dengan toilet. Bahkan belum ada saung-saung ataupun gubuk tempat pengunjung bisa 'ngadem' di tengah terik matahari pantai. Kalo mau ngadem, cari perlindungan di bawah pohon-pohon yang ada di pinggiran pantai.


Aktifitas Menyenangkan yang Bisa Dilakukan
Kegiatan berwisata di pantai merupakan aktifitas yang tidak pernah tergerus oleh zaman; Tua muda miskin kaya neraka surga (lho!), semua orang suka pergi ke pantai. Ada banyak cara menikmati pantai; Ada yang menantang adrenaline dengan olahraga-olahraga air ekstrim; Ada yang hanya sekedar duduk di pasir pantainya, menikmati deburan ombak *tipeMelankolis; Ada yang snorkeling liat ikan dan hewan bawah laut yang cantik-cantik *tipePenasaran;

Di Pantai Watu Leter kamu bisa berenang sepuas hati, tapi harus tetap dalam pengawasan karena ombak di sini juga lumayan besar. Bikin istana pasir atau mengubur orang yang kamu sebelin dalam pasir? Kedengerannya menarik!


Garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih bisa jadi tempat yang sangat menyenangkan untuk kamu habiskan waktu bersama keluarga atau sahabat tersayang. Saat siang menjelang sore adalah saat dimana air laut surut dan kamu bisa berenang aman di pinggiran pantainya. Tapi tetap berhati-hati dengan beberapa jenis hewan laut yang muncul (yang mungkin saja berbahaya) ketika air laut surut.


Cara lain menikmati Pantai Watu Leter adalah dengan bakar ikan di pantai. Jadi sebelum pergi ke pantai ini, arahkan dulu kendaraan kamu ke daerah Sendangbiru (yang ga terlalu jauh dari pantai-pantai sekitaran JLS). Di Sendangbiru tepatnya di tempat pelelangan ikannya, kamu bisa beli ikan segar dengan harga murah. Bukan hanya ikan, cumi-cumi serta udang juga bisa kamu cari di TPI Sendangbiru. 

Waktu Terbaik Menyaksikan Matahari Tenggelam
Kalo kamu hanya berniat untuk lihat matahari tenggelam di Pantai Watu Leter ini, datanglah sekitar jam setengah lima sore. Sambil menunggu, kamu bisa melafalkan dzikir sore hari atau sekedar berbincang hangat dengan teman dekat.


Get outside. Watch the sunrise. Watch the sunset. How does that make you feel? Does it make you feel big or tiny? Because there's something good about feeling both". -Amy Grant-

4 komentar:

  1. Mahal uh masuk aja 30K
    padahal pantai-pantai di luar negeri almost semuanya gratis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang iyanih. Padahal banyak pantai lain di sekitarnya yang punya view setipe, dengan harga lebih murah.

      Tapi husnudzhan ajadeh, sapa tau pengelolanya pengen naik haji...

      Hapus
  2. kita udah menikmati sunset di beberapa pantai di malang ya mbak, semoga Allah izinkan kita bisa menikmati sunset digunung.
    (hwaa ga sabar mahameru) ya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah tahun ini sunset di salah satu danau tertinggi di Indonesia, yaaa. Amieeen

      Hapus