Rabu, 07 Februari 2018

Pulau Lombok, Kemana Kaki Harus Melangkah?

Pulau Lombok, salah satu pulau cantik yang ada di Timur Indonesia. Siapa yang tidak ingin pergi kesana? Pulau yang berjuluk "Negeri 1000 Masjid" ini seperti sebuah paket lengkap dengan berbagai pesona wisata yang dimilikinya. Gunung Rinjani yang berdiri kokoh meneguhkan pulau, perbukitan cantik nan eksotis, deretan pantai dan air terjun, belum lagi masakan maupun adat budayanya, kesemuanya itu membentuk Lombok menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Lalu apa saja destinasi menarik wajib kunjung ketika kamu berlibur ke pulau ini?

1. Pantai Tanjung Ann, pantai dengan panorama tidak biasa
Ada banyak pilihan pantai bagus yang bisa pengunjung pilih ketika pertama kali sampai di Lombok, salah satunya adalah Pantai Tanjung Ann. Pantai indah nan berpasir putih bersih ini hanya berjarak kurang lebih 30-45 menit dari Bandara Internasional Lombok. Tanjung Ann menawarkan panorama pantai yang akan membuat pengunjung terbius: garis pantai yang panjang, ombak yang tenang dan lautan biru berpadu dengan perbukitan kecoklatan di dekatnya. Ada juga ayunan di tepi pantai yang bisa pengunjung gunakan untuk berswafoto.

2. Bukit Mereseq, bukit eksotis nan romantis
Jika sudah ke Tanjung Ann, jangan lewatkan untuk berjalan kaki sebentar ke arah perbukitan di sebelah kanannya. Kurang lebih perjalanan kaki selama 15 menit, pengunjung akan menemukan salah satu spot yang sedang hits akhir-akhir ini, Bukit Mereseq. Pengunjung bisa berswafoto dengan satu-satunya pohon yang berdiri sendiri di bukit ini, juga bisa sekedar mengelilingi perbukitannya. Bukit Mereseq merupakan lokasi syuting video klip Isyana Sarasvati yang judulnya 'mimpi' lho. Penasaran?!

3. Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air yang mendunia
Belum lengkap rasanya pergi ke Lombok, tanpa mengunjungi tiga gili (pulau) yang tenar sampai ke mancanegara. Air laut yang jernih dipadu dengan aneka ragam biota bawah laut dan pasir putih bersih, serta lengkapnya akomodasi, tidak heran jika di musim liburan, gili-gili ini akan sangat ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan mancanegara maupun lokal. Masing-masing gili memiliki keunikannya sendiri. Gili Trawangan dengan keramaiannya, Gili Meno dengan lokasi snorkelingnya yang menakjubkan serta Gili Air dengan panorama khas pantainya. Kendaraan bermesin dilarang di tiga gili sehingga pengunjung bisa merasakan segarnya udara tanpa polusi. Rasakan sensasi berlibur sembari berbaur dengan wisatawan mancanegara dan merasakan keramahan penduduk lokal di tiga gili!

4. Bukit Nipah, tempat terbaik menyaksikan matahari terbenam
Salah satu tempat terbaik menyaksikan matahari terbenam di Lombok yang tidak jauh dari pusat kota (Mataram) adalah Bukit Nipah. Dari Bukit Nipah ini pengunjung bisa menyaksikan matahari terbenam dengan dramatisnya -berwarna oranye keemasan- dilatarbelakangi Gunung Agung yang ada di seberang pulau sana (Bali). A must visit!

5. Sembalun, destinasi halal bulan madu terbaik
Credit pic: lomboktravelingnetwork.com
Lombok tidak hanya tentang pantainya yang indah. Ada juga perbukitan sejuk yang menawarkan panorama penyejuk hati. Arahkan tujuan anda ke Lombok bagian timur, ke salah satu destinasi yang tahun 2016 kemarin mendapat predikat "World's Best Halal Honeymoon Destination", Lembah Sembalun. Terletak persis di kaki Gunung Rinjani, wilayah ini tidak hanya menawarkan lansekap indah khas dataran tinggi tapi juga beberapa air terjun tersembunyi (hidden paradise) yang sayang untuk dilewatkan. 

6. Islamic Center Lombok, masjid termegah di Bumi NTB yang bercorak budaya
Credit pic: kicknews.today
Sebagai negeri yang memiliki julukan seribu masjid, kurang afdhal rasanya jika belum mengunjungi Islamic Center Lombok, yang merupakan masjid terbesar dan termegah yang ada di Lombok. Ikon wisata baru provinsi NTB ini berlokasi di pusat kota Mataram dan baru saja dibuka tahun 2016 lalu bersamaan dengan acara MTQ nasional yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

7. Mencicipi Ayam Taliwang di Rumah Makan Kania
Credit pic: money.id
Sebagai pelengkap kunjungan ke Lombok, pengunjung harus mencicipi salah satu masakan khasnya yaitu Ayam Taliwang. Ada banyak tempat dimana pengunjung bisa menemukan menu ini, namun salah satu tempat yang banyak direkomendasikan oleh penduduk lokal adalah Ayam Taliwang di Rumah Makan Kania. Ayam kampung berumur sedang (tidak terlalu tua dan tidak muda) dibakar dengan bumbu khas pedas yang membuat ketagihan ditemani lalapan beberuq dan satu porsi minuman es dugan, maka ni'mat mana yang anda dustakan?!

8. Phoenix Food, tempat belanja oleh-oleh khas Lombok
Credit pic: Twitter
Sebelum kembali ke tempat asal, tidak ada salahnya pengunjung berburu buah tangan untuk sanak kerabat. Phoenix Food, toko oleh-oleh yang berada di pusat kota menyediakan berbagai olahan rumput laut seperti dodol dan manisan yang segar dan menyehatkan, serta aneka jajanan khas Lombok Sumbawa. Dengan harga miring dan kualitas yang tidak diragukan, toko oleh-oleh ini menjadi tempat rujukan banyak wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas Lombok.

1 komentar:

  1. Mungkin mbak harus resign...............trus kerja di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Lombok. Gimana mbak?

    BalasHapus