Saturday, June 3, 2017

Ramadan Ini

Ramadan ini...
Disamping ngebuat list 'apa yang harus dilakukan' kayak misal: ngaji 2 juz sehari, shalat Dhuha 4 rakaat tiap hari ndak boleh tinggal, lihat atau ikut kajian 2 kali dalam sepekan dan sebagainya, COBA DEH, juga ngebuat list 'hal-hal yang jangan dilakuin (dulu) Ramadan ini'. Dan coba terapin itu sama hal-hal yang sehari-harinya kita lakuin padahal hati kita tahu kalo itu kurang (bukan gak) bermanfaat lho ya. Perkara ini beda-beda sih untuk setiap orang. Misal untuk saya, ga nonton film selama satu bulan penuh itu rasanya, whoaaaa! cetar banget dah, kayak ada satu bagian hati yang ga terisi. Beda sama teman saya, yang itu mah, mudaah banget dilakuin. Puasa khan secara bahasa artinya "menahan", nah coba deh selama Ramadan ini kita sok-sokan coba menahan diri untuk ga ngelakuin sesuatu yang 'enak-enak' itu. Dicoba, ditahan, dipress tuh tangan buat mencet chanel Yutup langganan, buat scroll gambar-gambar atau berita di medsos, hindarin jauh-jauh segala macem namanya headset yang biasa buat denger musik, dan sebagainya. Ga lama kok, sebulan doang. Masa' iya sih kita bakal meninggal kalo gak (misalnya) nonton film atau apa.
Dan semoga...
Hal-hal sederhana yang kita tahan itu, Allah jadikan sebagai salah satu sebab keampunan kita di Ramadan ini; diampuninya dosa-dosa kita yang menggunung ga karuan itu dan dijadikannya kita manusia yang lebih baik dan bermanfaat. Wallahu 'alam.


Segala sesuatu di dunia ini akan pergi (kepada Allah) dan tidak akan pernah kembali. Tetapi ada satu, yang pergi kemudian kembali kepada yang memintanya. Apa itu? DOA! So, guys
Ramadan ini...
Ayok bikin daftar doa sebanyak-banyak-banyaknya! Jujur aja sih, saya itu tipe yang lupaan ngedoain orang lain kalo bukan yang deket dan yang lagi deket (jarak). Padahal lingkaran kehidupan dan pertemanan kita khan banyak (ya). Nah makanya itu, mumpung Ramadan ini adalah waktu yang amazing banget dikabulinnya doa-doa, yok dah daripada lupa dan bingung, kita bikin list. Bisa dimulai dari doa untuk diri sendiri, untuk orangtua (always), sodara kandung, keluarga besar, sahabat, teman-teman yang pernah singgah dan yang lagi singgah, guru, pemimpin, negara, sodara seiman di seluruh dunia, orang yang pernah baik sama kita di pinggir jalan, ibu-ibu di pasar yang jadi langganan, bapak tukang tambal ban yang pernah nambalin motor, mamang cilok yang jualin pas kita lagi kelaperan, dan masih buanyak lagi! Ayo kita minta kebaikan untuk di dunia, terutama di akhirat...

Saya kasih sedikit contoh doa apa aja yang saya pengen Allah kabulin nih:
- Tahun depan, semoga Bapak dan Mamak menjadi kakek dan nenek seutuhnya (punya cucu) *amien
- Saya bisa lanjut kuliah lagi, sampai keluar negeri *amien
- Allah kasih kesempatan untuk kembali ke Timur-nya Indonesia ehehe *amien
- Impian seorang teman untuk menjadi enterpreneur dan pemilik kos-kosan Allah kabulkan
- Untuk dua orang adik dengan status barunya, semoga Allah tunjukkan jalan untuk menjadi sebaik-baik perhiasan dunia *amien
- Ada yang gak akan 'kecanduan' K-Pop lagi Ya Allah.. (kabooorrr!) *amien
- Semoga Allah karuniakan Indonesia, pemimpin yang mencintai Al-Qur'an *amien

Mari kita buat Ramadan kali ini adalah Ramadan anti-mainstream, Ramadan anti-sehari-hari, Ramadan terbaik kita. Semoga segala doa diijabah. Semoga setelah Ramadan, hal-hal yang sudah kita tahan untuk dilakukan, tidak akan kita lakukan lagi. Semoga Allah bencikan kita kepada hal-hal tersebut, seperti bencinya kita untuk dilemparkan ke dalam nyala api neraka! Wallahu 'alam.

1 comment:

  1. ramadhan tahun ini target sy cuma bisa puasa penuh sambil ksh asi si kecil. Alhamdulillah bisa.

    ReplyDelete