Thursday, May 4, 2017

Take Benefits from The Beach! : Pantai Balekambang, Malang Selatan


Kapan terakhir kali kamu ke pantai? Kalo itu udah lebih dari sebulan yang lalu, segera deh rencanain. Bikin itinerary, pilih pantai yang kamu suka, then leggo! Main di pantai, mandi matahari or sun bathing, berenang di air laut, jalan di pasir, ternyata bukan hanya tentang 'having fun and do nothing' but, banyak efek baiknya lhooo. Mau tau apa aja? Yuk maree dibaca sambil ikutin perjalanan saya ke Pantai Balekambang...

***
Dari sekian banyaknya pantai yang ada di Malang Selatan, saya pikir Pantai Balekambang bisa dibilang primadonanya, the queen. Kenapa? Karena pantai ini selalu ramai dikunjungi. Tanya deh nama-nama pantai yang ada di Malang sama arek Malang generasi 70-90an, (insya Allah) Balekambang ga akan terlewat untuk disebutkan #sokYakin. 

(1) berjalan dengan bertelanjang kaki di pasir pantai dapat merangsang kurang lebih 200.000 ujung syaraf yang berada di telapak kaki kita. Faktanya, dibutuhkan 2x lipat energi ketika kita berjalan di atas pasir dibanding di permukaan yang keras/tanah, so it can be great exercise!
Balekambang adalah tipe pantai semua umur. Dari mulai bayi baru lahir sampe kakek nenek berkursi roda, bisa banget mengambil manfaat baik pergi ke pantai lewat pantai ini. Traveler tipe selfie-an sampe traveler yang suka blangsa'an, cocok cocok aja eksplor pantai ini. Apa aja sih keunggulan Pantai Balekambang dibanding pantai lainnya di Malang? Akses transportasi mudah, iya. Sarana dan prasarana (warung, mushola, kamar mandi, penginapan), oke. View pantai, kece. Kalo mau berenang gimana? Pantai Malang Selatan khan ngerih-ngerih sedap buat berenang? Jadi di dekat Pulau Ismoyo, ada semacam danau kecil (apa genangan yak?!) yang bisa dipakai untuk berenang anak-anak. InsyaAllah aman dari ombak karena terhalang mangrove. So, mari nyeburrr!

Baca juga: Balekambang, Pantai Sejuta Umat di Malang

(2) Pasir pantai tidak hanya baik untuk kaki tetapi juga kulit. Pasir merupakan exfoliant alami yang bisa mengangkat kulit mati dan membiarkan pori-pori kita bernafas. Tentunya hal itu dapat membersihkan komedo dan jerawat. Selain pasir, Sinar UV yang ada dapat mengeringkan kulit, baik untuk penderita Psoriasis. Selain itu, garam dan kalium klorida di air laut membantu menyembuhkan dermatitis dan ruam kulit. Air laut juga membantu menjaga elastisitas kulit dan mengandung magnesium yang melembabkan kulit.
Setiap pantai tentu punya ciri khas atau istimewanya sendiri (landmark). Nah yang khas dari Pantai Balekambang ini adalah Pulau Ismoyo yang mirip Tanah Lot di Bali. Di Pulau Ismoyo ini terdapat Pura Amarta Jati yang merupakan tempat peribadatan masyarakat Hindu. Pada perayaan tertentu, pura ini dipadati oleh warga yang melakukan ibadahnya. Kalo kamu pengen mampir ke pura ini untuk sekedar lihat-lihat atau take picture, bersikap sopan ya :)

Daaan! kabar gembira buat yang suka eksplor dan ndak cukup hanya duduk santai berdiam diri menikmati pantai. Di Pantai Balekambang ini banyak spot keren yang bisa kamu sibak keindahannya #heleh. Salah satunya, Pantai Jembatan Panjang #tetangganya.

(3) lautan memberikan kita perspektif yang berbeda. Berada di lautan, memandang jauh ke horizon bersifat terapeutik. Maka dari itu, 'membayangkan laut' menjadi hal yang umum dilakukan dalam latihan-latihan relaksasi (yoga dan semacamnya).
Saat menjelang sore, pantai Balekambang ini indah dengan senja kekuningannya dan air lautnya yang surut. Duduk santai berdua (dengan yang halal) sambil menikmati segarnya es degan, ada baiknya kamu coba sembari memandang horizon cakrawala di kejauhan sana #halahNgomongApa.

Kalo kamu adalah tipe yang "gak masalah tempat wisata seramai apapun'', kamu bisa kunjungi pantai ini kapan saja. Tapi kalo kamu tipe "yang suka uring-uringan liat padatnya manusia di tempat wisata", jangan coba-coba kesini pas tanggal merah atau liburan panjang. Saran: kesini deh hari senin-jumat (weekday), atau sabtu puagi.

(4) Suara samudera menenangkan kita; Mendengarkan suara ombak berdebur menabrak karang, benar-benar bisa mengubah gelombang otak kita, kemudian melepaskan ke keadaan santai, dan bisa memicu pelepasan dopamin dan serotonin yang bisa mengurangi tingkat stres dan membuat kita rileks.
Walau terdengar mainstream, saya (sih) tetap merekomendasikan pantai ini untuk dikunjungi. Mau datang pagi, siang, sore maupun malam hari, bisaa!. Mau sendiri, berdua, ramean, rombongan, hayok aja! Buktikan sendiri deh kalo pantai ini worth it to visit! Karena setiap pantai, punya indahnya masing-masing ^_^ 

Lihat juga: Balekambang on captured

Kira-kira ketiga orang tersebut lagi nyari atau ngeliatin apa ya???
***
Tiket masuk 5K per orang (motor 5K)
Parkir 5K (motor)



*The benefits from the beach taken from superheroyou.com

3 comments:

  1. Selalu betah berlama - lama di pantai ini. Mbk Jule sudah pernah bermalam disini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap Mas, apalagi kalo cuaca lagi cerah2nya, dari pagii sampe sore, ada aja atraksi alamnya.

      Sbnrnya belum pernah bermalam di pantai Malang Selatan manapun. Belum berani. Insya Allah segera :)

      Delete
  2. Orang yg pake jilbab itu sebenernya nungguin kapan nelayan itu melemparkan jaring, mau difoto -_- tapi gajadi", yaudah kupindah :/

    Iya di pasir bisa mijitin 200 saraf. Tapi ya itu, pegel lutut dede :/

    KUMAW LAGI KESINIIII ❤ ♡ ♥ ღ ❣ ❥ ❦ ❧ ლ

    ReplyDelete