Tuesday, March 28, 2017

Jika Setengah Hari di Batu, Malang: Ngapain Aja?

Norwegia, boleh saja menempati urutan pertama sebagai negara paling bahagia di dunia. Kalo di Indonesia, (menurut pandangan subjektif saya sih ya), yang bisa disebut sebagai warga paling bahagia salah satunya adalah warga Malang atau yang akrab disebut Arek Malang. Ini sih pengalaman pribadi -Subjektif banget- (wkwkw biarin deh!). Yah gimana gak bahagia, cobak? Kota dengan udara sejuk, dikelilingi jajaran gunung dan pegunungan indah, "disesaki" tempat jajan berbagai macam jenis dan varian, de es be. Makanan murah, mau main tinggal pilih (yang alami, yang buatan, yang muahal, yang murah, yang ga bayar pun ada), transportasi kemana-mana pun lengkap. Kalo kamu punya banyak waktu untuk eksplor kota ini, (seminggu aja deh!), dijamin semua resah gelisah gundah gulana kamu bakalan ilang. Tapi kalo misal kamu cuma punya waktu setengah hari doang buat bikin quality time di kota sejuk ini, kira-kira bisa ngapain aja kemana ya? Okay, lemme guide you to the right path!

1. Mulai pagimu dengan (mengisi tenaga) sarapan di Bubur Ayam Abah Odil
Ada buanyak banget pilihan tempat sarapan di kota ini. Dari mulai tempat makan yang emang buka 24 jam, maupun yang udah buka dari subuh buta, bisa kamu datengin untuk ngisi tenaga di pagi hari. Salah satunya, bubur ayam khas Tasikmalaya punya-nya Abah Odil. Bubur ayam Abah Odil ini punya beberapa cabang. Di sini kamu ga cuma bisa beli bubur ayam, ada juga nasi pecel dan nasi uduk Jakarta. Selain itu, ada jajanan kayak otak-otak bandeng, sate, gorengan. Tempatnya luas dan bersih, pelayanannya cepat. Oiya, Abah Odil buka dari jam 6 pagi sampe malam. Soal rasa, insyaAllah cocok sama kamu yang ga terlalu doyan rasa 'Malangan' or 'Jawa Timuran'. 

Shining Batu


2. Pacu kendaraan ke arah Batu, yuk main di Alun-alun!
Sarapan udah "aman", saatnya menentukan arah jalan nganar (baca: main) kamu. Bisa pilih ke arah kota, atau kalo mau ngademin diri langsung cuus ke arah Batu. Di Batu, kamu bisa pilih mau wisata kuliner, wisata keluarga ataupun wisata alam. Semua lengkap!. Lah kalo mau wisata murah meriah, dateng aja ke Alun-alun Batu. Walaupun tidak seluas Alun-alun Malang, tapi tempat ini ruame banget. Mau naik bianglala seharga 5K udah bisa lihat Kota Batu dari ketinggian? Atau duduk-duduk sambil ngobrol plus liatin air mancur? Atau mupeng pengen punya anak -karena saking banyaknya keluarga dengan anak-anak disini- (ini sih gueh). All you can do here. 

Shining Batu


3. Beli Yoghurt Kota Batu yang asem-asem segerrr
Satu hal yang paling ngasyikin dari Alun-alun Batu adalah, disini banyak banget yang jualan jajanan. Mau yang jajanan versi jadul macem cilok, kacang rebus, angsle dkk. ataupun jajanan kekinian kayak sempol, kakigori, eskrim pot, ada semua deh. Harganya merakyat, ga bikin kantong melongo. Kalo kamu pecinta yoghurt -minuman susu fermentasi yang baik banget buat kesehatan-, jangan lupa beli dan borong disini. Selain harganya yang murah, pilihan rasanya juga banyak. Seger deh pokonya!

Shining Batu


4. Mampir shalat dhuha di Masjid Brigjend Soegiyono
Puas main di Alun-alun Batu, arahin lurus kendaraanmu ke arah daerah Payung, Batu. Ga sampai 1 kilometer, di kanan jalan bakal kamu temuin kompleks perkantoran Pemkot Batu atau lebih dikenal dengan Balaikota Among Tani. Ada masjid besar nan indah di dalamnya. Kalo lagi cerah nih ya, view dari sini refreshed banget. Gunung Banyak (bukit paralayang) kelihatan jelas, juga kota Batu dan lahan-lahan pertanian di kaki Gunung Arjuno.

Credit pic: http://humas.batukota.go.id/
5. Pulang lewat Jalibar Batu yang ketje badai view-nya
Jalibar Batu dimulai dari jalan di depan Museum Angkut terus naik sampe daerah Coban Rais, terus turun lagi sampe daerah Dau, Malang. Lewat sini ini, selain jalannya mulus dan lebar, kendaraan yang lalu lalang ga terlalu padat. Kalo cuaca lagi cerah, masya Allah! Deretan pegunungan yang memagari Kota Malang, keliatan jelas banget. Mulai dari Gunung Semeru, Gunung Arjuno, teruuus dan terus sampe Gunung Panderman. Kamu bebas milih untuk berhentiin kendaraan kamu di satu spot untuk mandangin sepuas-puasnya ciptaan Allah itu. Yak sambil foto-foto!

Shining Batu

Shining Batu


6. Akhiri dengan yang pedas berkesan, Mie Jogging Malang
Sebelum mengakhiri setengah hari mainmu, yuk sempatkan mampir pedesin bibir dan mulesin perut makan Mie Jogging level membara (50 cabe). Mie Jogging punya beberapa cabang. Kalo kamu dari arah Batu, enak mampir yang di deket Kampus Unmuh aja. Tempatnya luas plus wi-fi. Pilihan minumnya banyak dan enak. Selain mie, ada juga dimsum dan risool buat temen ngemil. Satu porsi Mie Jogging dan Tomyum mulai dari 11K - 20K.

Shining Batu

Shining Batu

4 comments:

  1. weeee ketceeeeh... masya Allah

    ReplyDelete
  2. Ditunggu ya bucket list-nya! (wkwkw saya janji mau buatin!)
    XD

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Thanks!

      Ditunggu dong cerita2mu.

      Delete