Tuesday, February 7, 2017

Eksplore Pantai Malang Selatan: Pantai Sendiki

Apa yang kalian suka dari pantai, laut?

Suasana alamnya @Qonitawardatuljannah

Ombaknya. Pemandangannya. Kesepian pantainya @Adesofiarani

Aku suka pantai karena aku ngerasa 'kecil' kalo disana @AnwarulMuniroh

Kalo saya sih, saya cinta pantai dan laut karena ketenangan hati yang saya dapat dari riuhnya; riuh ombak berdeburan, riuh suara tawa kegirangan, riuh angin laut yang menerpa beterbangan #uhuk. Apapun itu (gunung, laut, sawah, bukit, hutan), lewat izin dari Penciptanya, alam selalu mampu memberikan ketenangan dan kedamaian bagi hati manusia. Disana, kita belajar untuk menjadi "kecil", belajar untuk menjadi bersyukur, untuk menjadi peduli, dan untuk bahagia!

***
Kemana piknik Ar-Rifah's Family kali ini?
Awal semester baru, badan pikiran masih freshhh, belum banyak tugas dan belum ada amanah organisasi yang harus ditunaikan. Jadilah kami serumah Ar-Rifah bersepakat untuk merencanakan suatu perjalanan. Awalnya, mau mendaki Gunung Panderman yang tinggi menjulang di Kota Batu sana. Tapi mikir lagi, musim hujan begini ga asik dan buahaya kalo naik gunung. Yasudah deh akhirnya lagi-lagi ke pantai menjadi pilihan.

Awal rencana, satu rumah (9 orang) bisa ikut semua. Tapi yah namanya manusia hanya bisa berencana, Allah juga yang nentuin siapa yang akhirnya bisa dan ndak bisa ikut. Shabrina pergi takziyah ke Lumajang, Ninis tidak enak badan (syafakillah Nis...). Setelah dari subuh menyiapkan sarapan dan perbekalan, jam 8 kurang sedikit kami berangkat. Go go go!

Bagaimana cara menuju Pantai Sendiki?
Pantai Sendiki terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumawe aka Sumbermanjing Wetan. Pantai ini masih satu lokasi tempuh dengan Pantai Tamban. Dari Malang Kota, (saya berboncengan dengan Wiwin, Ade dengan Qonita dan Irul dengan Himmah) kami mengarahkan motor ke daerah Gadang - Bululawang - Sumawe. Letak Pantai Sendiki ini sebelum Pantai Sendang Biru (kalo kamu lewat Sumawe). Jika menempuh perjalanan via JLS Balekambang, maka letaknya sesudah Goa Cina, Clungup, Sendang Biru dkk. Lumayan jauh kalo lewat Balekambang, tapi jalanannya mulus lancar. Ade ngebut ga karuan bawa motor. Saya dan Irul tertinggal sangat jauh di belakang. Biarin deh ya Rul, anggep aja kita pegi bedua doang -_-

Rintangan yang menghadang?
Kami bertemu dengan Ade dan Qonita di pertigaan gang masuk Coban Tundo 3. Rehat sejenak, langsung melanjutkan perjalanan kembali sampai bertemu gapura masuk ke Pantai Tamban. Pantai Sendiki dan Tamban ini searah. Awalnya masih ketemu jalan beraspal. Namun beberapa menit kemudian yang kami temui adalah jalanan becek dan berbatu (pas di persawahan kurang lebih setengah kilometer menuju Sendiki). Ga kepikiran dan ga sempat untuk foto jalanannya karena udah campur aduk antara capek, pengen cepet sampe, jengkel jalanan jelek banget. Yaudah deh ya liat aja foto-foto motor yang kesana dan sandal kami di bawah ini...
Kebayang gak jeleknya jalanannya?!#$%
Ah, Wiwin curang ga kotor sendiri -_-
Berapa biaya masuk dan parkirnya?
Setelah berjibaku dengan 'adonan' tanah, sampailah kami di loket masuk Pantai Sendiki (akhirnya... fiuh!). Kami membayar tiket masuk 5K per orang dan parkir 10K per motor. Hah! Parkir motor 10K?!? Hari biasa jugak segitu?@# Saya shock, lalu saya tanyakan pada petugas parkir kok bisa sebesar itu biaya parkirnya dan Alhamdulillah mendapat jawaban yang flat banget, "gatau Mbak, saya cuma kerja, disini". Hupf, iyelah Pak. Husnudzhan saja, biaya parkir sebesar itu untuk perbaikan sarana prasarana disana dan terutama perbaikan akses jalan menuju Pantai Sendiki yang ancur banget, apalagi kalo abis ujan. (Jadi saran saya, parkirin deh motor kamu di kebon atau di pinggiran sawahnya orang biar ngirit :-P)

Sarana dan prasarana di Pantai Sendiki, sudah lengkap?
Walaupun tergolong baru ramai pengunjung beberapa tahun belakangan ini, sarana dan prasarana di Pantai Sendiki sudah tergolong lengkap. Ada banyak warung, toilet dan beberapa gubuk (seperti rumah pohon) yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

View Pantai Sendiki?
Pantai Sendiki memiliki garis pantai yang cukup panjang dan tipe pantai berpasir putih. Di bagian ujung pantai sebelah kanan dan kiri terdapat bebatuan karang yang cukup cantik dijadikan view untuk berfoto. Di sepanjang garis pantai itu, berjejer pepohonan besar yang di bawahnya pengunjung bisa menggelar tikar dan menghabiskan perbekalan yang dibawa dari rumah. 



Hal keren apa yang bisa dilakukan di Pantai Sendiki?
Ayunan...! Salah satu pantai di Malang Selatan yang banyak ayunannya ya Sendiki ini. Hampir di tiap-tiap pojokan tempat ngadem, ada satu atau dua ayunan yang dipasang di pohon-pohon besar yang terdapat di tepian pantai. Main ayunan sambil ngeliat ke arah pantai, ditemanin angin sepoi-sepoi, whussshhh!
Formasi brutal "gerombolan si berat" #kasianpohonnya
Ayunan sambil ngelamun juga boleh (kok)
Ga lengkap kalo ke pantai tanpa main air. Di Sendiki ini pastinya kamu bisa main air sepuasnya, tapi cuma di pinggiran pantainya aja ya, jangan ke tengah-tengah. Berulang kali saya ingatkan bahwa, tipe pantai di Malang Selatan bukan tipe pantai untuk dinikmati sambil berenang. Main air di pinggirannya aja insya Allah udah memuaskan dahagamu kok #heleh


Selain ayunan dan main air, kamu juga bisa main timbun-timbunan di pasir (kekanakan banget ya? biarin wkwkw). Kapan lagi coba nemu pasir bersih yang bebas dari poop-nya kucing selain di pantai?! Wkwkw
Irul ditimbun pasir kemudian kami tinggal pergi
Dan akhirnya dia bangkit sendiri wkwkw!
Tips-tips kalo ada rencana pergi kesini dong?
Sekitar pukul 2 siang kami mengakhiri bermain-main di Sendiki dan langsung bersiap untuk pulang. Alhamdulillah cuaca cerah menaungi perjalanan pergi dan pulang kami. Blessed trip. Sendiki, terima kasih untuk keceriaan yang kau beri, tapi mohon maaf ya kalo mau kesini lagi, kayaknya mikir-mikir dulu deh (lumayan jauh; view masih setipe dengan Ngudel, Ngantep; akses jalan masih jelek; parkir mahal). Setiap orang punya selera masing-masing untuk tiap tempat wisata yang akan dikunjunginya. Bahkan mungkin ada yang semakin sulit jalan yang ditempuh, semakin bersemangat. So, it's up to y'all to go or not to this beach ^_^

Sedikit saran kalo mau ke Sendiki: Satu, berangkat sepagi mungkin. Semakin pagi kamu berangkat, semakin sedikit kendaraan yang kamu temui di jalan dan tentu saja perjalanan menjadi lebih cepat dan lancar. Dua, bawa bekal sendiri. Selain mengirit dan sehat, membuat bekal sendiri bersama-sama, untuk dibawa ke tempat wisata terbukti menguatkan ikatan hati #hiyaaah. Tiga, jangan baper kalo ga boleh mandi atau berenang di laut. Terakhir, jangan ke Sendiki kalo lagi musim hujan. Ya kalo tetep mau kesini gapapa sih, siap-siap aja belepotan tanah basah alias adonan coklat!
Bekal sehat bergizi yang kami bawa
Baru datang udah disambut dengan ini #pengenbalikajarasanya
More photos about that wonderful moments 
Bahagia itu sederhana. Sesederhana melihat senyum dan tawa pada wajah bocah-bocah ini. Itu menyenangkan, mengetahui sembilan kepala dengan sembilan pikiran, bisa saling berkasih sayang, saling berpengertian, dalam satu rumah. Rumah itu bernama Ar-Rifah. Love you, kids!


Suara, nyanyian, musik, gunung, pantai, padang pasir, laut, yang membuat mereka indah sesungguhnya hal yang tidak kelihatan. Matahari juga tak bisa ditatap langsung oleh mata, tetapi yang membuatnya indah bukan hal yang bisa ditatap langsung oleh mata khan? Selalu ada sesuatu. Sesuatu yang misterius tetapi sangat bermakna. Itulah yang harus kau temukan. Keindahan bukanlah yang kau dengar atau lihat. Keindahan adalah yang kau rasakan, jauh sampai ke dalam hati.
-Fahd Pahdepie-

9 comments:

  1. Entertaining bangeeetttt fotonya mba Adee xD pipinya minta dicemilin xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. please ya, pipi ane bukan bakpau yang bisa dicemilin wkaka
      padahal aslinya ya ngaku, suka bingung bedain bakpau sama pipi sendiri wkakak

      Delete
    2. Pipimu dijadiin model squishy bagus bikin gemes kyknya De

      Delete
  2. Mantap poll.
    Makasih mbak jule..

    ReplyDelete
  3. Maanna ekspresi loo?(foto loncat).. Wkwk

    ReplyDelete
  4. ekhem
    [Ade ngebut ga karuan bawa motor.]
    reply :
    [Bukan gak karuan mbak, cuman emang pada dasarnya gak bisa naik motor pelan2 wkwkw]

    Thanks for this trip mba jule
    banyak fotoku yang harus disensor sepertinya, takut viewers nya pada mau cemilin pipiku haha

    ReplyDelete
  5. Mantab sekali
    Ini liburan kami anak arriffah
    Mana liburan kalian? hehe :)

    ReplyDelete
  6. Mbk,jule kapan ngajak aku jalan2..,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuklah Mita nya kesini dulu dong ^_^

      Delete