Sunday, September 25, 2016

TNBTS Trip : Perjalanan Pulang dari Bromo via Tumpang

Sekitar jam 12 siang lebih sedikit, kami memacu motor kembali menuju pulang. Hampir setengah 1 siang, melewati gerbang masuk Tumpang. Dari gerbang masuk Tumpang itu, kalau berbelok ke kiri arah Ranu Pane, starting point menuju Semeru. Di gerbang masuk Tumpang ini saya berhenti sebentar untuk mengisi bensin, lalu tertinggal rombongan. Qonita memacu motor dan kemudian bertemu kembali dengan bocah-bocah. Tapi sayang, 2 teman Ade (cowok) sudah ngilang tak tentu rimbanya. Kami ditinggal, -_-

Perjalanan lewat Tumpang asik! Jalanannya tidak semenyeramkan via Nongkojajar, tapi tetap harus berhati-hati. Dalam perjalanan ini kita akan menjumpai beberapa air terjun seperti Coban Pelangi, Coban Jahe, Sumber Pitu Tumpang, River tubing Ledok Amprong. View yang akan kita lihat sepanjang jalan menuju Malang begitu hijau. Mirip daerah Sumber Brantas kalau dari Mojokerto ke Malang (via Cangar).

Sekitar jam 1.00 pm rombongan berhenti untuk rehat dan shalat zuhur di pinggir jalan (masih daerah Tumpang). Irul, Wiwin dan Dzakirah tepar tertidur di teras masjid. Ada sekitar 20 menit kami beristirahat kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Pukul 2.30 pm Alhamdulillah sampai di rumah Rifah dengan kondisi agak kumal dan lecek serta berdebu, namun tiada kurang suatu apapun! 

Saat di daerah kelok-kelok di sekitaran Tumpang , Irul bercerita rem nya sempat blong namun tidak berapa lama pulih sendiri. Dia juga sempat beberapa kali mau menabrak motor didepannya karena mengantuk. Tapi overall Alhamdulillah, perjalanan ini luarrrr biasa!

Benar-benar angkat topi untuk Qonita, Irul dan Ade yang sudah begitu 'kuat dan gagahnya' membawa motor; membonceng saya, Wiwin dan Dzakirah. Melawan kantuk dan rasa dingin, berkonsentrasi penuh saat naik dan turun melewati tikungan yang begitu tajam. Respect, guys! Laa haula wa laa quwwata illa billah.

***

Alhamdulillah akhirnya Allah berikan saya kesempatan untuk menuju Bromo dari 3 pintu masuk. Lets repiuw!

Yang pertama, via Probolinggo. Kalo dari Malang lumayan jauh, 4 jam perjalanan. Jalanannya biasa aja ga terlalu ekstrem. Pemandangannya bagus. Yang pertama kali di lalui adalah lautan pasir menuju Gunung Bromo.

Kedua, via Nongkojajar (Pasuruan). Dari Kota Malang sekitar 2,5 jam perjalanan. Jalanannya mulus lancar, dengan tikungan tajam di beberapa titik. Spot terdekat jika lewat sini adalah Penanjakan.

Terakhir, via Tumpang. Menempuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari Malang untuk sampai ke TNBTS via Tumpang ini. Jalanannya mulus. Tempat pertama yang akan kita temui adalah Padang Savana dan Bukit Teletubbies.

***

Sedikit tips kalo kamu memutuskan ke Bromo naik motor:
  • Tentu, pastikan kondisi kendaraan benar-benar fit. Sangat perlu, servis motor dahulu biar aman.
  • Pakai pelindung dingin dari ujung kaki sampai ujung kepala.
  • Kalau mau hunting sunrise, maka saran saya adalah berangkat via Nongkojajar Pasuruan.
  • Kalau domisili kamu sekitaran Malang, arahkan perjalanan pulang via Tumpang
  • Banyak-banyak doa

0 komentar:

Post a Comment