Sunday, September 6, 2015

River Tubing Seru di Sumber Maron, Gondanglegi Malang

Minggu (30/08/20) waktu yang pas untuk go outside. Ada satu tempat, sejenis pemandian umum yang sudah lama ingin saya datangi. Selain murah meriah, konon kabarnya airnya bersiiih dan ada river tubing-nya juga. Yak! saatnya melancong ke Sumber Maron, yang terletak di Kecamatan Gondanglegi, Malang. Sejak beberapa bulan lalu "nyidam" untuk pergi ke tempat ini. Biasa laah, korban travel blog. Setelah ajakan dadakan, terkumpullah 4 orang yang akan pergi. Kami berempat (Saya, Miftah, Nenab dan Nita), berangkat dari kontrakan Ar-Rifah sekitar pukul 10.30 am. Dipandu oleh Mbah GPS di hape, ngebut tapi pasti kami melaju motor ke arah Malang Kabupaten. Alhamdulillah, insting ngebolang berhasil membawa kami tanpa nyasar ke Sumber Maron. Sekitar pukul 11.30 am sampailah kami disana. Waw! karena hari libur, pengunjung yang datang kesana cukup banyak. Ah, sebenarnya saya tidak terlalu suka tempat wisata yang terlalu ramai. Tapi saya bisa apa... heleeeh (-,-).

Ramainya kala libur

Ada dua pemandian di Sumber Maron. Yang pertama, kolam pemandian yang akan kita temui pertama setelah dari tempat parkir dan pintu masuk. Kolamnya jerniiih bingit! Ada ikan-ikan yang berkeliaran dengan bebas di kolam ini. Mau rasain sensasi renang bareng ikan-ikan di kolam bersih nan jernih? disini tempatnya! Background sawah yang menghijau menambah sensasi alami dijamin bikin kita betah untuk lama-lama renang disini.

Renang asik di kolam pemandian pertama
Jernih banget, khan?!

Jalan sebentar dari kolam pemandian pertama, kita akan menemukan tempat pemandian yang kedua. Disinilah tempat pengunjung bisa ber-river tubing ria karena ada aliran sungainya. Ada air terjun juga yang tidak terlalu tinggi namun deras dan lagi-lagi, bersih, rek! Saatnya nyemplung...! Saran, ga perlu mandi deh kalau mau kesini biar ntar pas sampe disini puas-puasin main air. Hahay!

Air terjun "jadi-jadian"

Huwala..!

River tubing-nya jempoool banget! Hanya bermodal sewa ban Rp 3.000, kita bisa merasakan sensasi arung jeram yang ga kalah seru dengan arung jeram beneran. Mau tahu cara asik main river tubing disini? Follow us! Kami membuat formasi 4 baris ke belakang dengan kaki ditopang oleh pundak orang didepannya. Saya memilih paling belakang karena saya geli-an (apa hubungannya yak?!). Awalnya formasi kami baik-baik saja sampai akhirnya kami tiba di arus air yang cukup deras. Bubar dah! Nenab terpelanting ke mana, saya kemana. Barisan kami kocar-kacir. Hanya Nita dan Miftah yang masih saling setia bergandengan kaki (cieee). Semua galau gelisah merana, ilaaang setelah kamu nyobain ini. So rileks, guys! Begitu mengasyikkan. Begitu menyenangkan. Kami berempat tertawa lepas seperti tidak ada beban dan di dunia ini hanya kami yang paling bahagia (agak lebay dikit, eh).

Buat kamu yang mau kesini dan ga keburu buat nyiapin bekal, ga usah khawatir akan "keselamatan" perut kamu. Disekitar sumber air yang digunakan pengunjung untuk berenang, berjajar warung-warung yang menawarkan aneka makanan. Dengan harga yang dijamin ga bikin kantong kamu bolong. Kalau mau bawa bekal sendiri, lebih baik sebenernya.

Pelepas dahaga, pemenuh rasa lapar

Akhirnya, usai sudah ngebolang kami hari itu. Padahal sebenarnya masih asiiik banget dan belum pengen pulang. Tapi apa daya, motor sudah ditunggu yang punya. Perjalanan pulang cukup lancar sampai akhirnya di daerah Sukun, Malang, kami ketemu karnaval desa! Bener deh! kalo kamu tinggal di Malang dan ketemu karnaval, hebat kalo kamu ga jengkel! Bikin macet jalanannya itu lhoo yang ga nahan. Sejam terbuang sia-sia karena macet. Berharap semoga kedepannya ada aturan yang lebih jelas mengenai penyelenggaraan karnaval desa. Bisa dipusatkan hanya di satu tempat saja (misal, lapangan) sehingga tidak perlu mengambil jalan umum. Lupakan tentang karnaval, balik lagi ngomongin Sumber Maron. Tempat satu ini recommended banget deh buat tujuan wisata yang murah tapi ga murahan. Walau sepulang dari sana badan dan kaki lecet-lecet (bahkan lebam-lebam), Insya Allah ga mengurangi keseruan ber-river tubing ria di Sumber Maron. So, jangan ga kesana...!

Wataban (Wajah Tanpa Beban, hooo...)



Notes:
Total pengeluaran
Bensin full Rp 20.000
Parkir Rp 2.000/motor
Sewa ban Rp 3.000/orang
Bakso Rp 7.000/mangkok

2 comments:

  1. Replies
    1. Sintia ada blog juga kah? Ayok share ke sy alamatnya ^_*

      Delete